Popbela.com: Every Woman’s Best Friend




Bagi generasi milenial seperti saya yang tumbuh bersama majalah anak-anak dan remaja yang terbit bulanan atau dwi mingguan, mungkin nggak asing lagi dengan media online seperti Popbela.com. Popbela.com adalah sebuah perusahaan digital media  fashion, beauty, dan  lifestyle yang menyasar target pembaca perempuan millenials dan Gen Z di Indonesia.


Kemajuan jaman menyebabkan komposisi penduduk tiap generasi akan berubah, komposisi kelompok baby boomers mulai menurun, jika terkait dengan usia produktif dan komposisi angkatan kerja maka jumlah kelompok generasi X dan Y yang terbanyak. Selain itu mulai bangkit generasi yang mulai memasuki angkatan kerja yang disebut dengan generasi Z.

 
Enam kelompok generasi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Generasi paling muda yang baru memasuki angkatan kerja adalah generasi Z, disebut juga iGeneration atau generasi internet. Generasi Z memiliki kesamaan dengan generasi Y atau biasa disebut generasi milenials, tapi generasi Z mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu (multi tasking) seperti menjalankan sosial media menggunakan ponsel, browsing menggunakan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya. Sejak kecil generasi ini sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian.

Kebutuhan dan tuntutan informasi dari generasi milenial dan gen z ini nyatanya memang disambut baik oleh industri media, termasuk Popbela.com. Sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun dan kapanpun tanpa terbatas ruang dan waktu. Emm... terbatas oleh ketersediaan baterai dan jaringan internet mungkin iya. LOL.

Informasi terkini dan terpercaya

Dari konten-kontennya terlihat bahwa Popbela.com sengaja menyediakan latest trending yang relevan dengan smart audience,  penikmat pop-culture, fashion, beauty, lifestyle, sampai ke urusan sosial politik hingga karir. Menurut saya, Pobbela.com memang konsisten dengan informasi  high quality yang worth to share  dan terkoneksi dengan berbagai platform.



Zaman sekarang banyak banget orang nyari keuntungan dengan membangun website berita dan informasi. Sayangnya terkadang kita malah dibuat bingung dengan konten yang dimuat. Alih-alih mencerdaskan pembaca, banyak website justru menjerumuskan kepada hoax hingga ujaran provokatif. Di sinilah tugas kita sebagai pembaca, sebagai orang yang membutuhkan informasi untuk pandai-pandai memilah dan memilih media mana yang harus kita jadikan rujukan.

Nah, dengan begitu derasnya arus informasi, Popbela.com masih mampu menjaga kredibilitas konten-kontennya. Jadi pembaca nggak perlu khawatir karena Popbela.com bukan media abal-abal yang hanya mengeruk keuntungan tanpa prinsip.

Media online berprinsip

Amazingnya lagi, Popbela.com ternyata menjunjung tinggi tujuh pilar yaitu gender equality, anti sexual harassment, anti bullying, anti stereotyping, unity in different races and ethnicities, unity in different religions, and redefining beauty. Prinsip-prinsip inilah yang membuat Popbela.com selalu menyajikan konten-konten berimbang yang fight against kekerasan, kebencian, bullying, pelecehan hingga memperkuat kebhinekaan. Nah, media semacam ini nih yang memang cocok banget hadir sebagai pemuas hausnya orang Indonesia terhadap informasi.

source: pinterest.com


Cocok banget kalau Popbela.com dibaca oleh semua kalangan milenials dan gen z, karena dengan membaca konten-konten seperti yang disediakan Popbela.com pikiran kita akan lebih terbuka. Nggak lagi cupet dan terkungkung di dalam tempurung. Dan nggak hanya perempuan, laki-laki  pun bahkan sangat layak untuk membaca media online ini.

Media dengan jaringan yang luas

Tau kan kalau berbagai berbagai media itu terkadang berada di satu perusahaan yang sama dengan divisi yang berbeda, anak perusahaan, atau partner kerja. Nah, begitu juga dengan Popbela.com yang merupakan anak perusahaan IDN MEDIA. Siapa yang nggak kenal dengan perusahaan ini? Kalian pasti juga suka membaca idntimes.com untuk update dengan berita terkini sejenis straight news atau indeepth interview news. Nah selain idntimes.com, ada Popbela.com yang menyasar para generasi milenial dan gen z, ada pula popmama.com yang menyasar milenial mama, mulai dari calon mama, mama muda, sampai mamanya mama.


Easy to read

Di era disruption of technology seperti sekarang dan menjelang industri 4.0 siapapun yang nggak mampu untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan tuntutan konsumen ya dia bakal kolaps. Begitu juga dengan media. Seiring waktu, orang sekarang ini sudah terjebak dalam internet of things, termasuk juga soal urusan membaca. Repot memang kalau zaman sekarang kita masih nungguin kurir untuk sekedar membaca berita. Apalagi musti nunggu sebulan untuk update informasi soal fashion.

Orang-orang sekarang sudah menghabiskan waktunya bersama gadget. Membaca sampai berghibah aja semuanya sudah dihabiskan bersama gadget. Bekerja pun sekarang bisa remote access, tanpa perlu nongkrong di kantor seharian. Makanya kehadiran media online yang trusted seperti Popbela.com ini solusi banget buat generasi milenial dan gen z kayak kita-kita.


Mau baca via mobile atau lewat tampilan desktop semuanya oke. Popbela.com didesain dengan template yang responsive, nyaman di mata, font dan warna yang soft sehingga nggak membuat mata lelah. Pembaca juga bisa dengan mudah update Popbela.com lewat media sosialnya seperti Line, Facebook, Instagram atau berlangganan via email supaya nggak ketinggalan info. Pembaca juga bisa dengan mudah sharing konten dengan sekali tekan tombol media sosial yang dipilih.

Ulasan dengan gaya yang khas

Banyak media online mengangkat isu yang mungkin sama, isu yang sangat biasa dan ada dimana-mana. Media yang cerdas akan menghadirkan semua konten biasa dan mengangkatnya dengan cara yang istimewa. Gaya seperti ini memang mutlak diperlukan oleh pembaca apalagi pembaca loyal yang senang berselancar kesana kemari. Tentunya pembaca pun bisa membedakan konten dari tiap-tiap media. 


Salah satu konten tentang wedding di Popbela.com, misalnya, ini sangat sering diulas dimana-mana. Namun di Popbela saya menemukan penyajian yang berbeda dan lebih enak dipandang mata. Ini salah satunya: Persiapkan Diri dengan 10 Hal ini Sebelum Menikah.


Memberikan kesempatan pembaca menjadi kontributor

Popbela.com juga memberikan kesempatan kepada pembacanya untuk menjadi kontributor dengan mengirimkan tulisan ke redaksi@popbela.com. Jadi nggak cuma berperan sebagai konsumen, kita para pembacanya juga bisa menulis dan menjadi kontributor konten-konten untuk media kesayangan kita ini. Saya sih belum pernah nyoba, tapi patut diupayakanlah nanti pas liburan saya akan menulis konten yang bermutu dan layak dibaca oleh khalayak.

"Kenapa harus jadi kontributor?"


Ya kenapa enggak? Kalau kamu merasa kamu punya informasi oke, pengalaman yang bisa dishare dan itu dirasa bakal bermanfaat buat orang banyak ngapain dipendam sendiri? Biarkan itu jadi amalan. Apalagi sekarang lagi bulan ramadan. Dengan menjadi kontributor tentunya kita bisa bertumbuh bareng Popbela.com yang kontennya selalu viral dan dibaca oleh lebih dari 2 juta orang setiap bulannya.

Tenang aja, Popbela.com nggak akan menerbitkan tulisan kita tanpa identitas penulis aslinya. Liat aja tulisan-tulisan yang udah nangkring disana. Tulisan kita kan juga bisa nampang di Facebook Popbela.com yang udah punya 50 ribuan fans. Jadi ikut tenar deh via Popbela.com. LOL

Popbela.com memang bukan sekedar media yang menyajikan gosip dan info yang co-paste sana co-paste sini. Lebih dari itu, Popbela juga mengajak pembacanya untuk berpikir dan bertumbuh, maka nggak salah kalau Popbela.com is truly every womans’s best friend!

Referensi:

Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

www.popbela.com


2 comments

  1. Benar-benar harus selektif nih pilih bacaan yang trusted jaman sekarang

    ReplyDelete
  2. ternyata di pobela, semua berita yg dibutuhin macam cewek kayak aku ini ada, apalagi fashionnya ehmm

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<