Featured Slider

Hidup Berkesadaran untuk Kehidupan Berkelanjutan


Seminggu yang lalu, selepas sholat subuh Saya nekat membongkar lemari untuk memilah pakaian layak pakai yang sudah berbulan-bulan namun tidak Saya kenakan. Awalnya, niat Saya memang hanya memilah pakaian yang dari lemari untuk didonasikan di acara thrifting di kampus, dan tentunya supaya tidak ngantuk karena habis begadangan menulis proposal sampai sebelum sahur. Namun, dasar tangan Saya yang gatal dan diiringi suami yang menyindir dengan lagu yang kerap dia gaungkan, Saya merambat memilah satu box dan dua keranjang pakaian yang memang sudah tidak kami pakai. Alasannya, ada yang cacat, kekecilan, dan kebanyakan karena memang tidak nyaman dikenakan.

“… 

You are strong but you're needy
Humble but you're greedy

…” -  A Beautiful MessJason Mraz.

Mengelola Sampah dari Rumah; Belajar dari Pengalaman Kota Bandung

 


Saya selalu gemas kalau ngomongin soal pengelolaan sampah. Gemas kenapa sesusah itu dan kenapa banyak orang yang pura-pura nggak tahu?! 

 

Beruntung Saya dapat kesempatan untuk ikut zoom session terkait hasil studi kasus pengelolaan sampah di Kota Bandung, Selasa (29 Maret 2022). Meski mereka sudah berproses sejak tahun 2015 dan hingga sekarang sudah makin melebar daerah intervensinya, namun ternyata belum signifikan hasilnya. Tata kelola persampahan yang mengusung prinsip Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan atau lebih dikenal dengan Kang Pisman itu ternyata belum mencapai hasil yang diharapkan. Lah, kita kapan hey, Bandar Lampung? Yuk mulai yuk sekarang juga!

Tentang Penyalin Cahaya dan Medusa yang Mengungkap Fakta-fakta

 

Foto: Instagram @penyalincahaya

Kita punya pilihan

Mana yang akan 

Terbungkam lalu padam

Atau berjalan melawan

 

Di Bawah Langit Raksasa. Lagu ini dengan manis membalut keresahan dan amarah akibat tidak adanya keadilan bagi para korban kekerasan seksual yang diwakili oleh Penyalin Cahaya. Sementara, Penyalin Cahaya adalah sebentuk perlawanan. Pada dunia yang tidur, pada dunia yang buta, pada dunia yang kehilangan akal dan perasaan. 

Cara Mendapatkan Surat Kesehatan Rohani, Jasmani, dan Bebas Narkotika


Surat Keterangan Sehat Rohani sangat dibutuhkan dalam memenuhi persyaratan pemberkasan beberapa hal. Bukan hanya sekedar untuk pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tapi juga untuk melanjutkan Pendidikan, kenaikan jabatan dan sebagainya. Bahkan yang juga Saya amati adalah awareness orang-orang untuk lebih sadar adanya red flag bahwa kita butuh bantuan ahli dalam upaya penyembuhan mental pun makin meluas. Hal ini menjadi kabar baik karena artinya kondisi mental seseorang sangat penting. Seseorang bisa saja betul-betul tidak dalam kondisi baik-baik saja, bukan sekedar baper, atau dalam lecutan hormone PMS tapi bisa jadi seseorang benar-benar butuh pertolongan.

2021




 

Hallo, 2022!

 

Nggak kerasa banget udah ganti tahun. Aku kayak masih mikir ini tuh masih tahun yang sama dengan kemarin dan kemarinnya lagi dan seterusnya. Aku awalnya kayak merasa tidak bisa menerima kenyataan bahwa, oh…udah tahun baru lagi dan aku udah ngapain aja gitu. 

Digitalisasi Aksara Nusantara, Sebentuk Upaya Menduniakan Budaya Indonesia

Aksara Lampung

Kalau bicara soal aksara Nusantara, yang terbesit dalam benak teman-teman apa? Kuno? Pusing? Mabal? LOL. Dulu ada teman Saya yang kalau udah pelajaran Muatan Lokal Bahasa Lampung suka mabal saking pusingnya. Kalau Saya sih suka sama aksara Nusantara. Saya baru berkesampatan belajar aksara Lampung dan sedikit aksara Jawa. Semenyenangkan itu buat Saya seperti halnya juga ketika Saya semangat belajar Katakana dan Hiragana ketika mendalami Bahasa Jepang.

Membangun Tanpa Merusak, Mungkinkah?

 “Hujan yang mengguyur Kota Tapis Berseri sejak Selasa, 9 November 2021 sore mengakibatkan banjir di beberapa lokasi termasuk ruas jalan Protokol Zainal Abidin Pagar Alam.

 

Jalan yang berada tepat di depan mega proyek Mall Plaza Living tersebut tergenang air banjir mencapai sebetis orang deawasa. Akibatnya puluhan kendaraan mobil dan motor terpaksa putar balik dan tidak berani enyeberang takut kendaraannya mogok.”