Perawatan Rambut Alami Saat Hamil Tanpa Harus Ke Salon



Dua tahun terakhir saya melepaskan pekerjaan lapangan sebagai seorang aktivis lingkungan. Saya juga pernah bekerja sebagai reporter yang pekerjaannya sesuai dengan namanya, repot muter-muter. Namun meninggalkan kedua bidang pekerjaan dan passion saya itu nyatanya nggak serta merta membuat saya menjadi perempuan anggun berpakaian rapi jali, bermake up flawless tapi chic dan berada di ruangan dingin ber-AC.

Profesi yang saya tekuni setelah saya lulus kuliah master adalah sebagai seorang dosen. Dosen dilihat dari kacamata mana pun seharusnya punya penampilan klimis, manis, dan elegan. Tapi rasanya nggak begitu dengan saya.

Kampus saya merupakan kampus perguruan tinggi negeri baru yang dibangun bertahap dan bermetamorfosis dari sebuah kebun karet dan jagung menjadi peradaban intelektual. Kebayang kan kondisinya. Di sini baru ada empat bangunan gedung utama dengan jarak yang lumayan antar gedungnya. Jadi kalau di tengah hari harus ada urusan di gedung yang berbeda, ya terima resiko panas-panasan dengan suhu bisa mencapai 32 derajat celcius 

Kondisi tersebut berlangsung selama 1,5 tahun tanpa masalah berarti. Bahkan saya juga dulu tinggal di Wisma kampus yang jaraknya hampir setengan kilometer tanpa merasa perlu membawa kendaraan ke kampus. Tapi sekarang berbeda, kondisi saya yang hamil menjelang trimester ketiga dengan tantangan pekerjaan yang demikian membuat saya terkadang stress.



Segudang aktivitas saya di kampus ditambah dengan aktivitas ekskul di organisasi membuat saya terkadang pergi pagi, pulang malam dalam kondisi hamil dan kerudung yang masih menempel dan pastinya keringetan 

Katanya, perempuan hamil memang lebih sering merasa kepanasan, gerah dan mengeluarkan keringat berlebih dibandingkan dalam kondisi tidak hamil. Cuaca panas di kampus ditambah lagi kondisi tubuh yang lebih rentan berkeringat dan istirahat malam yang kurang nyanyak tak pelak membuat stress menumpuk. Rambut saya jadi makin lepek dan cepat bau. Saya harus keramas setiap hari dan itu membuat rambut saya semakin kering, kasar, dan nggak beraturan. Apalagi rambut jadi lebih sering basah oleh keringat tapi tetap tertutup jilbab. Saya stress, rambut saya juga ikut stress. Padahal rambut adalah aset yang seringkali hanya terekspos oleh suami tapi malah bau karena berkeringat. Duh tengsin 



Faktanya memang selama hamil, rambut seorang perempuan memang cenderung berbeda. Dalam kasus saya, kulit kepala jadi lebih berminyak. Akibatnya ya rambut juga jadi lebih cepat lepek. Selain itu juga regenerasi rambut jadi lebih cepat. Jadi gara-gara peningkatan hormon esterogen di dalam tubuh, rambut jadi lebih cepat tumbuh. Sayangnya kondisi stress dan ditambah dengan cuaca panas apalagi rambut yang tertutup kerudung membuat rambut jadi rusak. Jadilah rambut yang tebal tadi rontok sehingga sangat mengganggu juga.

Lama kelamaan saya juga merasa kasihan dengan kondisi rambut yang bahkan sudah saya potong pendek agar tidak terlalu menyiksa. Konon katanya rambut kan mahkota perempuan.

So it's time to #DengarkanRambutmu. Rambut adalah mahkota perempuan. Sudah waktunya saya mendengarkan apa sih curahan hati mahkota saya ini?

Pergi ke salon? Mana sempat?! 

Ke salon bukan lagi prioritas utama karena:
- Butuh biaya lebih sedangkan kebutuhan dan tuntutan hidup meningkat
- Nggak ada waktu. Sok sibuk gitu.
- Salonnya jauh, jadi percuma aja pulang dari salon rambutnya ditutup lagi dan lepek keringetan lagi serta terpapar matahari -______-
- Di salon saya akan terpapar banyak zat kimia berbahaya yang mungkin juga menjadi hazard untuk janin.

Saya butuh perawatan rambut  alami yang aman, mudah, dan murah. Alangka indahnya kalau perempuan milennial apalagi yang sedang hamil kayak saya bisa melakukan hair spa sendiri di rumah. Selain hemat tentunya juga bisa dilakukan lebih santai tanpa harus antri atau rebutan booking. Bisa sambil ngerjain pekerjaan rumah yang tiada habisnya juga tentunya. Luar biasa, yakan?

Makanya saya mulai #CobaEmeron dan rajin melakukan perawatan rambut di rumah dengan Emeron Complete Hair Care yang terdiri dari Shampoo, Conditioner, dan Hair Vitamin untuk merawat kebutuhan rambut saya. Eh ternyata, sebenarnya bukan rambut lho yang harus didengarkan dan dicukupi kebutuhannya. Dengan merawat rambut apalagi dilakukan dengan happy dan penuh keikhlasan di rumah juga bisa merelease stress dari tubuh kita. Bonusnya rambut jadi lebih sehat, rapi, dan wangi. Pikiran bebas stress karena rambut juga enggak stress!



Emeron ini kan sebenarnya adalah produk perawatan rambut yang udah ada sejak zaman baheula. Dari saya kecil pun udah kenal dengan emeron dan warna botolnya yang mencolok. Nah sekarang Emeron era baru telah hadir dengan menggunakan formula yang sudah disempurnakan oleh teknologi Jepang​, active provit amino dan bahan alami disetiap variannya, yang pastinya sangat memahami apa yang rambut kita butuhkan. 

Saya memilih Emeron Nutritive Shampoo Damage Control untuk menyelesaikan masalah rambut lepek dan rusak saya. Kondisi rambut kering, kasar, dan rapuh yang saya alami ternyata adalah tanda rambut rusak. Nah, varian rangkaian perawatan  rambut Emeron ini mampu mengembalikan kondisi rambut secara maksimal karena dilengkapi dengan formula ACTIVE PROVIT AMINO dan kandungan nutrisi alami avocado. Emeron memperbaiki kerusakan kutikula serta melapisi dan melembabkan permukaan helai rambut. Jadi komplit deh pekerjaannya mulai dari kulit sampai ujung helai rambut.



Jadi, sebagai langkah pertama saya membasahi rambut menggunakan air suhu ruang normal. Kenapa nggak pakai air hangat? Air hangat akan membuat suhu kulit kepala dan rambut jadi meningkat, so saya pilih air biasa supaya bisa lebih rileks. Perubahan suhu ekstrim seperti air yang terlalu dingin atau panas untuk mandi juga nggak disarankan lho oleh dokter obsgyn. Jadi pakai yang suhu ruang aja.

Setelah kondisi rambut basah, mulai deh aplikasikan shampoo secukupnya sambil memijat kulit kepala dengan lembut. Ini juga berguna untuk melancarkan aliran darah di kepala. Bisa bikin rileks dan meringankan ketegangan di kepala juga.

Shampoo yang ada di kulit kepala dan rambut harus dibilas sampai bersih. Hal ini untuk menghindari residu shampoo yang malah bakal membuat kulit kepala jadi kotor, bau, memproduksi minyak berlebih dan malah muncul ketombe. Selanjutnya baru deh diaplikasikan kondisioner mulai dari batang rambut hingga ujung. Saya nggak mengaplikasikan kondisioner karena ini memang dibuat untuk rambut, bukan kulit kepala. Selain itu kondisioner yang mampir ke kulit seringkali malah membuat kulit kepala jadi lebih berminyak.



Tahap yang terakhir dan yang paling saya sukai adalah tahap menutrisi rambut. Jadi setelah rambut didiamkan beberapa saat supaya kondisionernya bekerja, langsung dibilas sampai bersih dan dikeringkan cukup dengan handuk. Lalu, saya mulai aplikasikan vitamin rambut yang selain membuat rambut jadi sehat juga membuat rambut saya jadi wangi.

Cukup dengan rangkaian tiga produk dari Emeron itulah saya bisa me time dan melakukan hair spa hemat mantap di rumah. Setelah beberapa kali rutin dilakukan, rambut jadi ringan, nggak lepek, nggak kasar lagi, nurut dan nggak acakadut serta yang paling penting adalah wangiiiiiiii...! 

So, sekarang meski aktivitas bejibun di luaran, cuaca lagi panas-panasnya kayak suhu perpolitikan, apalagi dalam kondisi hamil yang mudah capek dan stress saya bisa jadi tetap rileks dengan rambut sehat dan wangi. Jadi nggak tengsin lagi kan ndusel ndusel suami kalau begini 

Kamu juga harus banget Coba Emeron!

49 comments

  1. harus berapa kali pemakaian kak supaya rambutnya tetep terawat?
    soalnya ada yang sekali pemakaian langsung baik-baik aja begitu, ku bilang begini karena aku sudah mencoba produk sebelah. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku make dua hari sekali kalau shampoo sama konditionernya, kalau vitamin kalau mood aja. Haha. Sekitar dua minggu deh. Iya, ada banget produk yg dipakai sehari kayak lembut dan wangi, rambut mudah diatur, eh yg ketiga dst biasa aja

      Delete
  2. Rambut aku selalu bermasalah. JAdi aku selalu mencari produk yang tepat untuk memperbaiki kesehatn rambut aku. Ngeliat post ini aku jadi setuju sama pertanyaan kak Bena hehehe. Dan ada juga yang 10 kali pemakaian okay, eh seterusnya gak malah bikin rambut parah :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.gara2 itu jd sering gonta ganti shampoo houbf

      Delete
  3. Perawatan sendiri juga bisa berasa masuk salon ya mba, memang hamil jadi tantangan tersendiri dan cantik itu harus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cuma malesnya itu kadang2 yg menang haha

      Delete
  4. emang kalau hamil rasanya gerah banget, rambut jadi cepet lepek ya mbak...
    aku baru tau ada vitamin rambut dari emeron, bisa dicoba nih...

    ReplyDelete
  5. Ah rasanya udah berabad-abad nggak ke salon, sejak hamil anak pertama, kedua, trus sibuk ngurs bocil, asyik juga nih bisa perawatan rambut di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali ke salon juga bolehlah, kakak. Tiga jam escape gitu hihi

      Delete
  6. Emeron ini gw ingatnya waktu mau masuk SD jaman Ike Nurjanah yang jadi modelnya :D :D

    ReplyDelete
  7. Emeron... entah kenapa ini membawaku sedikit nostalgia ya, tapi memang sih perlu juga perawatan rambut terutama untuk wanita yang berkerudung. Apalagi, kalo beraktivitas di lingkungan panas gini kan. Pasti butuh penjagaan rambut, apalagi sebagai dosen juga.

    Ya gitu. Jadi nostalgia iklan zaman SD gitu, ya kayak Herbal Essences yang ngomongnya "Yang alami, alami"

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((PENJAGAAN RAMBUT))) Hahahaha... Iya bener banget, tapi dg syarat murah juga perawatnya

      Delete
  8. Emeron ya, merk ini familiar sekali di keluarga kami sejak dulu. Baiklah, aku juga jadi pengen ngerawat rambut dg lebih intense. Padahal aslinya kurang peduli krna jilbaban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun kak, aslinya cuek bgt. Tp sekarang kayak butuh gitu

      Delete
  9. Emeron udah ada sejak aku kecil dan sampe skrg masih bertahan aja. Untuk produk terbarunya ini aku belum nyoba. Seneng kalau ada shampo sekaligus perawatan lainnya. Soalnya kadang gak sempat ke salon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang g sempat k salon, tp kalau di rumah males hihi

      Delete
  10. Saya belum pernah nyobain pakai vitamin dari Emeron. Sepertinya bagus juga, bisa buat rambut lebih lembut, enggak kasar, enggak lepek dan yang terpenting harum. Jadi bisa nempel terus dengan suami ya...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harumnya juga nggak nendang amat, sooofttttt hihi

      Delete
  11. Weh aku baru tahu kalau Rinda hamil. Tapi memang wanita hamil jadi bermasalah rambutnya. Untung ada Emeron ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... udah enam bulanan, Mbakku. Mohon doa yaaaa

      Delete
  12. Kalau masalah lepek, rambut aslinya memang lepek.
    Hiiks~
    Jadi gak berharap banyak sama shampoo.

    Tapi kalau mengurang rambut rontok, nah...langsung ambil Emeron varian ini.

    ReplyDelete
  13. rambutku juga sering rontok nih mba, sampe kesel sendiri kalau lihat helaian rambut bertebaran di lantai.. belum pernah coba merk emeron ini, siapa tau cocok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa... sampai sering kena marah Almh. Nenek dulu tu gara2 rontokan di lantai huhuuuu

      Delete
  14. Wih bumil pake emeron sekarang. AKu malah semenjak hamil rontok banyak, tp kayaknya efek belum potong rambut. Gak boleh potong duuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mo potong rambut lagi nih kak, nggak tahaaaaannnn! Eh, kenapa nggak boleh potong rambut?

      Delete
  15. Waaahh bumiiiillll :D
    Tapi pas hamil emang agak riskan sih perawatan nyalon2 gtu mbak, khawatir mungkin ada bahan yang gak cocok buat janin. Men ding di rumah aja merawat rambut pakai Emeron ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan pakai produk apa gitu juga kok kayaknya waswas yaaa, kudu diliat kandungannya apa huhu

      Delete
  16. hoo jd si kondisioner hanya diapply di rambutnya aja ya, ga perlu sampe kulit kepala haha. kupikir kayak pakai shampoo aja lah itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaaaa... katanya suka bikin jadi berminyak juga. katanya sihhh

      Delete
  17. Wah bumil seneng ya ada Emeron yg menemani, biar rambut tetap terawat dan wangiii.. hehe.
    Sehat-sehat selalu yaa bu dosen dan bumil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin yaa rabb.... aaakkkk maaciiiwwww :)

      Delete
  18. Wah ternyata ga boleh mandi air hangat tuk keramas ya
    Padahal sy sering banget nih keramas dgn air hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin rileks gitu nggak sih sebenarnya? Hihi...kujuga dulu suka

      Delete
  19. Emeron adalah produk perawatan rambut yang udah ada sejak zaman baheula, hahaha ini produk emak saya di rumah

    ReplyDelete
  20. akuuu pas hamil malah suka banget rambutku mbakkk.. shiny mengembang gitu. wajah juga merona-rona gitu, xixixi. gatau kehamilan kedua nanti.. bisa jadi beda-beda kaan tiap kehamilan. emeron mungkin bisa jadi solusi nanti klo sesuatu yg beda terjadi XD

    ReplyDelete
  21. Ah bahagianyaaaa, mbak dwi. Kalau aku keknya gara2 sering gerah maksimal, keringetan, jadi gitu deh. hihi

    ReplyDelete
  22. wah bagus nih recommended pantes rambut gue jadi kinclong hehehe

    ReplyDelete
  23. Orang hamil emang ribet ya, salah2 pake produk bisa membahayakan janin.
    Kalo Emeron ini aku udah tahu dari lama sih :D

    ReplyDelete
  24. Wah, aku juga setelah punya anak hampir gak punya kesempatan untuk nyalon. Tapi kadang ngeluangin waktu misal setahun sekali tah 😸😸 buat creambath di salon. Selebihnya mah shampoan aja, sama pakai hair tonic.

    ReplyDelete
  25. Istri senang suami pun tenang :)

    ReplyDelete
  26. Salon tapi nggak sempet dan sayang duitnya bener-bener deh baca ini jadi pengen nyobain Emeron biar rambut tuh nggak bau, jadi Ramadhani makin bagus rambutnya

    ReplyDelete
  27. Perlu dicoba nih perawatan dengan emeron. Apalagi aku kadang suka terpaksa rambut masih basah jilbaban. Karena ga sempat mengeringkan.

    ReplyDelete
  28. Mba Rinda udah hamil ya? Aduhh aku baru tau kemana aja ih aku hihi. Sehat terus ya debay, emangnya kalau lagi hamil suka gerah

    ReplyDelete
  29. Oh baru tau tips ini, ternyata perawatan rambut alami ibu hamil tanpa harus ke salon. emeron aromanya juga khas sih ya...

    ReplyDelete
  30. Merawat rambut rusak tanpa harus kesalon ya emeron,,,

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<