Inovasi Teknologi untuk Menjaga Kesehatan Pikiran, Jiwa, dan Raga dari Rumah



Pandemi Covid-19 benar-benar membentuk kebiasaan normal baru semua orang. Mulai dari awareness terhadap sanitasi dengan rajin cuci tangan, pakai masker, pangan sehat lokal, sampai munculnya hobi-hobi baru yang dinilai lebih sehat secara fisik dan mental. 

 

Aku juga sama, sekarang jadi makin rajin bertanam sayuran di rumah dan berniat untuk sepedaan lagi pagi-pagi. Awal pandemi pastinya kaget banget dan nggak nyangka bakalan selama ini. Bisnis gulung tikar, daycare tutup, sementara pekerjaan lagi penuh banget load-nya. Bahkan di awal pandemi malah udah kayak bidan yang kudu siaga 24/7. Ngurusin pekerjaan, administrasi, ngajar, adaptasi pandemi itu udah menyiksa banget. Apalagi tanpa bantuan daycare plus masih tetap kudu ngurus rumah dan muter otak biar tetap dapat penghasilan lebih. Ini bukan lagi urusan menjaga kesehatan raga, tapi juga jiwa.





Selama pandemi, aku makin kesini makin di rumah aja. Kuliah dari rumah, ngajar dari rumah, rapat dari rumah, dan juga jualan bareng pacar. Jadi kami bagi tugas rumah tangga, dan dia yang lebih sering menjaga anak, mencuci dan juga membersihkan lantai. Kalau aku tugasnya kerja, kuliah, dan menyiapkan makanan. Menyiapkan makanan bukan berarti harus masak, tapi dari mana pun yang penting memastikan makanan ada dan siap. Oh, terima kasih jasa katering harian dan ojek online!

 

Perangkat Elektronik to The Rescue!

 

Di saat seperti ini, selain harus multitasking dan shifting minded, peran perangkat rumah tangga elektronik jadi makin penting. Nggak Cuma perangkat yang bisa memudahkan selesainya pekerjaan rumah dan membuat rumah nyaman, tapi memastikan kesehatan semua penghuni di dalam rumah.

 

Misalnya AC, kami memang bergantung banget sama AC karena Sakhaboy anaknya suka kegerahan dan akibatnya dia jadi rewel dan nggak nyaman. AC yang kami punya usianya sudah udzur, tipe lama dan tagihan listriknya gede banget. Untuk AC, mesin cuci dua tabung, kulkas dua pintu, pompa air, sedikit lampu di malam hari, dan charging gagdet, kami harus mengisi token rata-rata Rp. 600.000 sebulan untuk daya 1300 W. Lumayan banget, kan? Makanya kami berpikir untuk beli AC baru yang lebih hemat dan juga sehat. Pasalnya, ngeri juga memanggil jasa cuci AC di masa pandemi begini.

 

Kemudian yang nggak kalah vital adalah mesin cuci. Mesin cuci kami adalah hadiah pernikahan empat tahun lalu. Selama ini diletakkan di luar rumah karena memang tinggal di rumah sempit. Nah, pas banget mesin cuci kami ini nggak bisa lagi mengeringkan baju. Belum lagi kondisi fisiknya yang sudah rapuh karena kehujanan dan kepanasan. Ini membuat pacarku sering banget surfing dan mencari rekomendasi mesin cuci yang ringkas. Tapi kan harganya mahal. Maka kemudian dia mengalah untuk memeras cucian seabrek selama enam bulan kebelakang.


Di era digital begini emang nggak dipungkiri bergantung banget sama perangkat elektronik. Apalagi ya untuk memanggil asisten rumah tangga, selain butuh budget juga kami belum siap untuk drama yang akan membersamainya. 


Beruntung kemarin, Rabu, (22/09/21), Saya berkesempatan untuk hadir di virtual event Media Luncheon 2021 yang digelar oleh AQUA Japan. Produsen elektronik rumah tangga berteknologi Jepang tersebut memperkenalkan produk-produk inovatif terbarunya kepada teman-teman media di Lampung. Di sini Saya hadir bersama sembilan KOL lainnya dari Tapis Blogger dan lima jurnalis media massa.



AQUA Japan adalah Multi Nasional Brand Home Appliances yang menghadirkan berbagai produk inovasi terkini dengan teknologi dan kualitas dari Jepang. Perusahaan ini didukung lebih dari 450 karyawan berkualitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga AQUA Japan memiliki jaringan distribusi yang sangat luas, yakni 17 kantor cabang dan sole agent, serta lebih dari 344 kantor pelayanan service resmi. Distribusi AQUA Japan telah didukung dengan adanya lebih dari belasan ribu outlet penjualan sehingga jaringan distribusi serta pelayanan telah menyebar secara nasional.

 

“Pada event ini, kami berkomitmen untuk menghadirkan produk inovatif yang berfokus pada kenyamanan serta kesehatan konsumen kami. Yang dimana sesuai dengan kampanye terbaru kami di tahun ini, “Home of Healthy Body, Mind and Soul.” jelas Yudistiro, General Manager Sales AQUA Japan.

 

Cocok banget kan sama nilai yang memang kami terapkan terkait kesehatan jiwa, pikiran, dan raga yang emang harus berawal dari rumah.

 

Aqua Japan Buktikan Komitmen dengan Inovasi

 

Senada dengan kampanye yang diperkenalkan, Meiriano Ullman, Head of Product Planning Department AQUA Japan Indonesia mengatakan akan menghadirkan produk AQUA Japan yang sudah dilengkapi dengan fitur teknologi untuk mendukung kesehatan.

 

 “AQUA Japan sangat peduli dengan persoalan kesehatan. Untuk itu produk-produknya selalu dilengkapi dengan teknologi yang mampu menjawab permasalahan tersebut. Seperti menghadirkan lemari es dengan fitur DEO Fresh, yang menjaga makanan agar tidak menimbulkan bakteri dengan mencegah dan menyerap aroma tidak sedap, serta mesin cuci dengan fitur Anti Bacterial Technology (ABT) untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri dan membuat bagian – bagian pada mesin cuci lebih higienis dan bersih,” jelas Rian. 


AQUA Japan seolah memberikan jawaban atas kebutuhan kami akan AC dengan hadirnya AQA-KCRV9WGW. Ini jelas beda banget dari spesifikasi AC yang kebanyakan Saya tahu. AC tipe ini mampu membersihkan sendiri debu dan kotoran yang menempel di evaporator dan membunuh 99.99%. virus dan bakteri melalui fitur AQUA Fresh. Hadirnya AC ini jelas dapat semakin menambah kebersamaan dan kenyamanan saat berkumpul bersama keluarga. Jadi beneran nggak butuh jasa cuci AC. Mungkin akan terkesan lebay apabila kita meminta tes antigen atau bahkan PCR kepada mereka yang akan kerja di rumah kita. Tapi menjadi khawatir dan waspada itu perlu sih menurut Saya.

 

Di saat harus kerja dari rumah, screen time buat anak mau nggak mau jadi pilihan. Nggak mau dong ngasih anak nonton di HP melulu. Beberapa bulan lalu, kami membelikan orang tua TV baru karena TV yang lama sudah lama rusak. Jadi kepikiran juga untuk beli TV buat kami quality time, atau screen time buat Sakhaboy. Untuk urusan ini, AQUA Japan menyediakan produk Android SMART TV LE58AQT6600UG TV yang dapat memberikan hiburan dan kegembiraan di tengah kehangatan keluarga. Jadi kita bisa juga atur tontonan anak pakai YouTube Kids dengan menghadirkan video-video yang menurut kita layak aja ditonton oleh anak.

 

Selain itu, kami yang berjuang di masa sulit lewat jualan bahan makanan dan sayur mayur tentu butuh banget dengan yang namanya freezer. Namun di lokasi kami yang masih pinggiran kota kadang juga kena giliran blackout. Solusi dari AQUA Japan juga hadir dalam bentuk Chest Freezer AQF-450EC dengan teknologi Super Fast Freezing, 48 Hours Cooling Retention dan Showcase dengan fitur Bacteriostatic Inner Liner yang bakalan bikin seafood dan segala amcam daging dan olahannya aman tentram di dalam sana. AQUA Japan juga didapuk penghargaan sebagai The Most Innovative Product untuk inovasi tetap beku dalam 48 jam dalam kondisi listrik mati di dalam freezer ini.



Layanan Prima Bagi Konsumen Kesayangan

 

Meski dalam situasi PPKM berkomitmen mmeberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya perluasan fokus area pemasaran secara nasional, memperkuat pertumbuhan Jabodetabek dan seluruh Jawa, ekspansi Kalimantan dan Sumatera. Di Lampung sendiri, produk AQUA Japan sudah menjakau wilayah Pesisir Barat.



Tak hanya berupa inovasi produk, AQUA Japan pun ingin membuat konsumen di Lampung merasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk mereka dengan menambah masa garansi produk dan juga berfokus melakukan percepatan pertumbuhan di Lampung dengan adanya 152 dealer dan 14 service centre.  Satu layanan purna jual yang mungkin belum terpikirkan oleh kompetitor adalah pemberian garansi seumur hidup. Garansi ini mulai berlaku pada produk tertentu dengan pembelian setelah 1 Januari 2021.

 

“Perpanjangan masa garansi ini adalah bentuk kepedulian sekaligus inovasi layanan yang diberikan AQUA Japan dan tidak ditemukan pada brand lain. Beberapa poin garansi yang berubah diantaranya, garansi untuk kompresor kulkas, kompresor AC, panel bagi produk LED dan LCD TV, serta tambahan masa garansi bagi inverter motor pada mesin cuci,” jelas Sutanto, Senior Manager National Sales AQUA Japan.



“Di masa sulit akibat pandemi, AQUA Japan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Melalui inovasi teknologi yang tepat, yang dapat menjawab kebutuhan konsumen, kami yakin akan mampu menghadirkan kebahagiaan saat berada di rumah dan memberikan kesehatan baik secara fisik, pikiran maupun jiwa bagi keluarga indonesia,” tutup Glenn Manengkei, Head of Marketing AQUA Japan. 

 

Pandemi Covid-19 mempengaruhi semua industri, namun pada tahun ini penjualan AQUA Japan telah tumbuh sampai 29% dibandingkan tahun lalu. Dalam kondisi yang serba sulit ini, AQUA Japan melebarkan sayapnya dengan membidik target pasar kelas atas dengan tetap memperhatikan market saat ini di kelas menengah.




“Aqua Japan berupaya mempercapet pengadaan produk unggulan untuk mempercepat penjualan retail. Aqua Japan terus berinovasi memenuhi kebutuhan konsumen. Kami akan beradaptasi dengan perubahan yang akan terjadi,”

 

Aqua melihat opportunity dengan membuat inovais berdasarkan kebutuhan terkait dengan Kesehatan. Mereka menawarkan produk-produk yang inovatif, dengan mengacu pada segmen konsumen di Indonesia pada saat pandemic seperti sekarang ini. Kunci utama untuk menghadapi situasi sepertiini, memperkuat toko yang menyediakan produk AQUA Japan dan berusaha lebih dekat dengan konsumen.

 

Inovasi yang ditawarkan oleh Aqua Japan di masa pandemic ini tidak hanya baik tapi juga mengutamakan. Kesehatan kebersihan, entertainment dan hygienis. Tak heran, pada Bulan Maret lalu pertumbuhan mereka mencapai target lebih dari 60% dibandingkan tahun sebelumnya.



Untuk lima produk inovasi baru berupa kulkas, mesin cuci, AC, TV, dan freezer ini sudah dapat dibeli di wilayah Lampung dan sekitarnya. Dalam hal strategi marketing, AQUA Japan tetap melaksanakan promosi konvensional, tapi juga mengoptimalkan pemasaran digital hingga 60%. Selain lewat toko offline dan representasi marketing AQUA Japan, mereka juga hadir meramaikan ranah telemarketing yang memang cocok buat kita yang mager dan super khawatiran dengan kondisi pandemi. 

 

Untuk konsultasi dan informasi, mereka juga standby dalam customer call dan kita juga bis acari tahu lewat media sosial. Media sosial mereka juga nggak Cuma berisi product knowledge tapi juga informasi, life hacks, dan sebagainya. Jadi followernya nggak boring, tetap terinformasi, sekaligus terhibur,deh.



Promosi yang ditawarkan hadiah menarik lewat program AQUA Japan Lovers Be For You, setiap pembelian AQUA Japan akan mendapat hadiah langsung bisa berupa voucher dan merchandise baik offline maupun online selama September 2021.

 

Dengan fitur lebih hi end, harga jual produk-produk AQUA Japan masih affordable dan relative sama dengan kompetitonya. Sehingga sebagai pelanggan, tentu kita ingin memilih yang terbaik dari semua yang ada di pasaran. Harga yang affordable dan fungsi yang mumpuni.

 

Tema besar kampanye AQUA Japan tahun ini memang dilatarbelakangi oleh keaadaan bahwa kesehatan menjadi fokus utama bagi keluarga dan ini semua bermula dari rumah. Bukan hanya kesehatan tubuh, tapi juga mental dan pikiran. Kalau tubuh sehat, tapi mental nggak sehat itu juga nggak bagus untuk kesehatan. 

 

Untuk mendukungku supaya masak di rumah dan rajin bereksperimen di dapaur, AQUA Japan ngasih Aku hadiah blender lewat undian. Padahal jampi-jampi aku penginnya mesin cuci biar pacarku makin demen beres-beres pakaian. Berarti kudu beli sendiri nih mesin cuci tipe baru dari AQUA Japan dengan kapasitas besar dan garansi motor seumur hidup. LOL.

 




Acara Media Luncheon ini merupakan salah satu upaya mempererat relasi yang telah terjalin dengan media, khususnya di Lampung“Kami berharap kedepannya hubungan antara AQUA Japan dengan rekan-rekan media di Lampung akan semakin kuat, juga menunjukan komitmen bahwa AQUA Japan dapat selalu memberikan inovasi terbaik bagi masyarakat Indonesia, khususnya terlebih di tengah Pandemi COVID-19. Sesuai dengan tema campaign kita tahun ini “Home of Healthy Body, Mind and Soul,” tutup Glenn.

 

Informasi lebih jauh, meluncur aja ke sosial media AQUA Japan

 

Instagram https://www.instagram.com/aquajapanid/

Youtube https://www.youtube.com/channel/UC8FuwvMchOEHIpqyyLV5EWg

Website https://twitter.com/aquajapan_id

Facebook https://web.facebook.com/aquajapanid/


2 comments

  1. mantap banget deh AQUA Japan produknya udah terbukti dan bisa bantu kerjaan rumah tangga lebih cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mupeng banget yaaa, Mbakkkkk. Semoga dimudahkan kita untuk bisa puni alat-alat yang memudahkan hidup. Mbak Naqi sehat-sehat yaaaaa

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<