Mengapa Harus Mengoleksi Barang di Rumah?


Ih judulnya apa banget, sih? Haha. Mohon dimaafkan karena bayik squishy pagi ini udah on dari jam 2 and mommy still sleepy. Jadi semacam nggak connect gitu otaknya.



Harus banget dijelasin, sist?

Ok, balik lagi ke persoalan koleksi mengoleksi deh. Saya duku waktu kecil hobi banget ngumpulin sesuatu. Entak itu pernak-pernik aksesoris rambut, pin up, poster, prangko, kliping, alat tulis dari kota. Ya saya kan tinggal di kampung jadi kalau abis liburan pasti pamer ke kawan-kawan. Pamer doang, enggak ngasih.

Kamu punya koleksi apa? Koleksi foto! Haha




Ada cerita soal koleksi yang paling saya sayang. Itu ada prangko yang saya dapat dari orang-orang yang nitip surat di sekolah Bapak atau Ibu. Jadi di kampung saya banyak banget TKI yang kerja di luar negeri, buruh migran gitu. Dan gradually mereka kirim surat ke keluarga di kampung. Supaya gampang, pakai alamat sekolah deh.

Jadi saya punya prangko dari Arab, Malaysia, Taiwan, Hongkong, trus mana lagi deh lupa. Sayangnya prangko itu pada hilang pas pindahan kesana sini. Sisa cuma dikit ada si rumah. Padahal koleksi prangko ini yang paling saya demenin dan paling berguna dibanding koleksi yang lain. Orang tua saya juga mendukung banget saya mengoleksi prangko.

Kedua, kliping. Nggak banyak yang saya kliping. Cuma Taufik Hidayat doang. Iya pebulu tangkis itu. Saya juga sempat surat-suratan sama doi dengab alamat Cipayung, tempat latihannya. Tapi gara-gara doi kawin, saya yang waktu itu masih SD jadi patah hati dan enggak tau itu kliping pada kemana.

Eh, saya juga duku surat-suratan sama Pak Harto. Iya Presiden Soeharto. Di suratnya saya bilang pengin jadi presiden, lalu Pak Harto mendukung deh. Suratnya saya pajang di kamar sampai SMP walau Pak Harto udah lengser. Padahal mah waktu itu cita-cita penginnya jadi duta besar, nggak pernah kepikiran pengin jadi presiden.

Saya dulu hobi banget filateli dan korespondensi. Ah, tapi udah pada lupa nih sama sahabat-sahabat pena karena waktu itu sempat putus komunikasi cukup lama.

BTW, ada yang nggak tau pin up? Itu loh, poster kecil yang biasa ada di majalah. Saya emang dewasa sevelum waktunya karena dari SD udah baca Kawanku dan Gadis. Banyak pin up yang waktu itu disebut sebagai bonus. Ada A1, Cristina Aguilera, Britney Spears, Blink 182, etc. Itu semua saya pasang di dinding kamar. OMG kebayang kan kamar saya dulu kayak apa?

Nah kalau poster, itu adalah pin up yang lebih besar lagi. Pin up biasanya ukuran folio, kalau poster mulai dari A3.

Eh, dari tadi ngetik kok saya merasa sangat jadul ya. Hmm... Ada yang mirip juga nggak kenangan masa lalunya? Berarti kita seumuran atau kamu lebih tua, deh. LOL.

Semakin gede, saya semakin merasa mengoleksi barang itu enggak perlu. Semua barang itu punya life cycle. Jadi mereka bakalan rusak juga. Kecuali ya ngoleksinya emang cuma buat pajangan doang jadi bisa dikasih formalin atau sejenisnya dan emang butuh effort banget untuk merawat barang-barang koleksi macam begini.

Ada kan artis yang koleksi tas sama sepatunya ada ratusan. Disimpan di beberapa lemari kaca dan harganya bukan cuma ratusan ribu. Padahal sepatu dan tas itu kan barang konsumsi, dan pastinya bisa rusak. Kebayang kualitas barang yang mereka koleksi yang enggak cepat rusak gitu.

Makin kesini, koleksi yang masih ingin tetap saya pertahankan adalah prangko dan buku. Tapi ya gimana sekarang kan udah enggak pakai prangko lagi. Dan buku, saya punya koleksi buku sehingga bisa jadi perpustakaan. Tapi sejak menikah saya jadi sayang mau beli buku. Huhu. Prioritas hidup jadi beda dan ya... Ada buku digital. Jadi penginnya nanti langganan buku digital ajah.

Nanti. Entah kapan.

Bagi saya, memiliki koleksi itu enggak harus. Kenapa?
Wasting time

Sia-sia banget deh kalau mantengin hape demi nyari barang koleksi yang emang langka. Nyari kesana-kemari di sela-sela aktivitas yang padat. Belum lagi untuk melakukan perawatan yang saya yakin barang apapun enggak ada yang gampang.

Jadi saya memilih untuk lebih produktif aja sih.

Memakan Tempat

Ya kalau rumahnya guede bak istana raja sih ya nggak masalah kali ya. Yang jadi masalah adalah ketika udah mah rumah kecil, apalagi masih ngontrak (kayak saya) pastinya bakal repot dan mengundang komentar orang lain.

Boros

Ya pastinyaaaa. Kalau udah hobi dengan sesuatu, setiap orang pasti akan berusaha agar terpenuhi keinginannya itu. Kerja lebih keras, tapi cuma buat beli hot wheels. Kok kalau saya agak nggak rela.

Sia-sia

Kalau semua alasan di atas sudah diamini, pasti ujung-ujungnya mikir kalau aktivitas itu sia-sia belaka. Udah boros, melakukan hak yang sia-sia, hati-hati diklaim jadi temannya syeitan. Hii syerem.

Hidup Minimalis

Saya sadar bahwa hidup saya dikepung sampah. Beli bsju berapa kali aja dalam setahun dan semuanya mssih layak pakai. Atau beberapa sudsh nggak layak tapi juga nggak ngerti deh mau diapain. Baru kepikiran mau bikin bean bag tapi kok ya butuh effort banget.

Sekarang saya agak mikir kalau pengin beli apa-apa. Apakah says benar-benar butuh? Apakah saya benar-benar punya uang? Apakah saya sudah siap dengan segala pertanggungjawabannya di dunia dan akhirat?

Ya, semua barang yang kita miliki akan bersaksi di akhirat kelak.

Hadeuh, ini sebenarnya saya lagi nyari-nyari alasan kenapa nggak punya barang koleksi. LOL. Tapi serius deh, menurut saya koleksi itu sebenarnya nggak semuanya mudharat. Koleksi emas atau dolar misalnya? Yekan?

Atau koleksi tumbuhan langka. Jadi bikin semacam arboretum gitu yang isinya tumbuhan langka dari mana-mana. Huhu pengin banget Description: 💖

Jadi, kalau menurut kamu kenapa kamu masih harus mengoleksi dan jenis barangnya apa?

No comments

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<