5 Film Tentang Lingkungan Hidup yang Harus Kamu Tonton


Saya lumayan suka nonton film setelah kenal sama HB. Haha. Iya abisnya kerjaan doi nonton film mulu dan berburuu tiket promo nonton di bioskop. Dan saya cukup berterimakasih akan adanya Hooq dengan kuota tersendiri dari provider merah.


Dulu sewaktu kecil dan tinggal di kampung, saya suka nontonin film yang diputar di tivi yang biasanya ditayangkan lewat tengah malam. Akibat kebiasaan ini, saya jadi mulai suka Bahasa Inggris dan menganggap bahwa bahasa adalah salah satu skill wajib yang saya harus punya. Saya juga jadi berpikiran terbuka. Let’s say, Think Globally Act Locally.

Menurut saya, menonton film itu nggak selamanya buruk. Kecuali ya nontonnya maraton nggak kenal waktu, ngabisin uang untuk beli kuota atau tiket, dan jadi manusia soliter. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari film. Bahkan film merupakan sarana kampanye yang sangat berpengaruh.

Termasuk juga kampanye soal lingkungan hidup. Beberapa film seperti bisa ‘meramal’ kondisi bumi, kondisi umat manusia dengan segala kelakuan manusia di bumi seperti sekarang ini. Nah, di bawah ini saya punya daftar lima film sci-fi yang bercerita tentang lingkungan hidup yang mungkin bisa kamu tonton.

Doraemon : Nobita and the Green Giant Legend (2008)

Siapa yang dalam hidupnya enggak pernah nonton Doraemon. Doraemon memang sering menghadirkan cerita tentang masa depan terkait dengan kondisi bumi baik melalui serial tivi maupun film di bioskop.

Salah satu yang terbaik menurut saya adalah  Doraemon, Nobita and the Green Giant Legend. Film ini bercerita tentang manusia yang semena-mena merusak lingkungan, menebang pohon tanpa henti dan tanpa memikirkan masa depan. 

Dalam film ini diceritakan tentang Nobita yang yang dapat nilai ulangan nol dan pengin membuang kertas ujiannya. Dia malah ketemu dengan sebatang pohon kecil yang hampir mati. Doraemon membuat pohon itu jadi bisa hidup seperti manusia yang bisa bergerak. Pohon itu diberi nama Kibo. Dalam petualangannya bersama Doraemon and the gank, Kibo turut serta menyelamatkan bumi dari alien hijau. 

The Day After Tomorrow (2004)

Foto: walmart.com

Saya nonton film ini di tivi semasa SMP. Film ini termasuk film favorit dan membuat saya keren di masanya dengan menonton film ini. The Day After Tomorrow juga banyak diulas di majalah waktu itu. Film ini diangkat dari novel berjudul The Coming Global Superstorm (1999) karya Art Bell dan Whitley Strieber. Saya dulu sempat nyari tapi katanya udah nggak ada lagi novelnya.



Film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal ini bercerita tentang dampak dari global warming. Akibat mencairnya es di Kutub yang berlangsung lebih cepat dari perkiraan, suhu di Bumi mengalami penurunan yang drastis. Iklim menjadi kacau dan bencana alam di mana-mana. Keadaan suhu bumi yang kian dingin telah memicu terjadinya Pembekuan Global.

Mad Max: Fury Road (2015)

Foto: cinemax.com

Film ini sebenarnya adalah remake dari film Mad Max yang sebelumnya yang saya belum pernah nonton. Saya nonton film ini lima kali dan masih sedih waktu nulis tentang film yang settingnya di gurun pasir ini. Film ini bercerita tentang bumi di masa yang akan datang setelah perang nuklir. Peradaban manusia kacau. Hukum alam yang kuat yag berkuasa berlaku di masa itu. 

Sepanjang film kita disuguhi perang di sepanjang jalan. Di bawah pimpinan Immortan Joe, manusia hidup serba kekurangan. Pangan dan air bahkan darah menjadi barang langka dan Immortan Joe bersama sekelompok War Boy yang mengendalikan semuanya.

Menonton film ini rasanya tegang, sedih, marah dan jijik semuanya jadi satu. Semuanya karena konflik Sumber Daya Alam, bukan sekedar perang antar gank. 

Interstellar (2014)

Film ini berkisah tentang kondisi planet bumi di masa mendatang. Er... saya pikir nggak butuh waktu lama untuk bumi menjadi seperti yang diceritakan di film ini kalaukelakuan manusia masih seperti sekarang. 

Akibat ulah manusia, kerusakan lingkungan dan lapisan ozon mengakibatkan krisi pangan global dan badai debu. Akibatnya planet bumi menjadi tidak layak hunu. Sehingga manusia harus pindah ke planet lainnya. Planet yang serupa dengan bumi. 

Ah, jadi ingat perjuangan para ilmuan belajar tentang mars dan beberapa plamet di antariksa yang punya air.

Downsizing (2018)

Film ini bercerita tentang manusia yang suka ngide. Kali ini manusia berpikir bahwa bumi ini terlalu padat akan populasi penduduk. Sehingga sumberdaya yang ada nggak abakal cukup untuk memuaskan manusia yang serakah. Sehingga mereka membuat komunitas manusia mini. Dengan menjadi manusia mini, harta yang dimiliki juga jadi lebih banyak.

Sayangnya film ini kurang greget. Meski sangat detail dalam sinematografinya, tetap kurang ada konflik menurut saya. Padahal isu soal kerakusan manusia versus sumber daya alam ini sangat bisa untuk digali. Beruntung ada seorang tahanan politik perempuan asal Vietnam yang lumayan bisa menghadirkan suasana berbeda.

Wah, udah lima aja nih padahal masih banyak lagi film-film yang berkisah tentang lingkungan hidup. Dan saya kalau nonton film-film seperti ini selalu pakai hati. Jadi sedih, marah, dan lain sebagainya semuanya jadi satu gemas dengan manusia yang tamak.

Film lainnya yang saya juga suka adalah Jurrasic World (2018) yang juga berkisah tentang rakusnya manusia, Avengers, Avatar, Ferdinand, Geostorm, Waterworld, Wall E, The Road, dan lain sebagainya. Saya suka lupajudul film tapi suka ingat ceritanya.

Kamu punya rekomendasi film tentang lingkungan hidup? Lemme know!

8 comments

  1. Akutu kalo gak di download in sama suami ((karena doi hobi banget nonton segala jenis film)) pasti uda lupa rasanya nonton film bule (aka Hollywood)).

    Macam Interstellar, Ferdinand, Wall E.

    Yang rada berat apa yaa...?
    Oiaa...Sherlock Holmes movie.

    ReplyDelete
  2. Penasaran pengen nonton juga yang keluaran 2018 Downsizing, sayang gak ada contoh fotonya, jadi agak menghayal dikit saya. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Mad and Maxx aku blom nonton. Aku mau berdoa tiba-tiba tayang di HBO gitu, biar aku nonton. Ehehehe.

    Downsizing baru nonton beberapa minggu lalu, lupa HBO apa Fox Movies yang nayangin. LOVE IT.

    ReplyDelete
  4. Aku belum nonton semuanya ya. Kudu dilihat nih walau sebrnarnya favoritku komedi romantis

    ReplyDelete
  5. Kok belum pernah ada yg kutonton ya?? Hehe

    Tapi sepertinya aku akan coba tonton yg Doraemon aja. Lebih ngena kayaknya, haha

    ReplyDelete
  6. wahhh ada film favorit akohh... doraemon heheh aku udah nonton semua serinya. eh BTW aku baru tahu klo mad max itu berte,makan lingkungan. Oke.... mari kita jaga lingkungan dan manfaatkan sumber daya sebijak mungkin

    ReplyDelete
  7. Aku nonton yang doraemon, lalu kibonya jdi perdana mentri di planet tumbuhan, keren.
    sisanya belum ada yg aku tonton filmnya.. hhe

    ReplyDelete
  8. Iyaa sedih kalau nomton filmm tentang lingkungan hidup, bikin kita sadar duniankita berubah..
    Mau coba nontom doraemonn ituu.. belum nontonnn

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<