Cara Mendapatkan Surat Kesehatan Rohani, Jasmani, dan Bebas Narkotika


Surat Keterangan Sehat Rohani sangat dibutuhkan dalam memenuhi persyaratan pemberkasan beberapa hal. Bukan hanya sekedar untuk pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tapi juga untuk melanjutkan Pendidikan, kenaikan jabatan dan sebagainya. Bahkan yang juga Saya amati adalah awareness orang-orang untuk lebih sadar adanya red flag bahwa kita butuh bantuan ahli dalam upaya penyembuhan mental pun makin meluas. Hal ini menjadi kabar baik karena artinya kondisi mental seseorang sangat penting. Seseorang bisa saja betul-betul tidak dalam kondisi baik-baik saja, bukan sekedar baper, atau dalam lecutan hormone PMS tapi bisa jadi seseorang benar-benar butuh pertolongan.

Sebelumnya: Cara Mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (2016)


Tulisan ini akan mengupdate cerita saya terkait cara mendapatkan Surat Keterangan Sehat Rohani di Lampung, khususnya yang Saya lakukan di Rumah Sakit Jiwa Daerah, Desa Kurungan Nyawa, Pesawaran. Tulisan lama yang Saya tulis beberapa tahun lalu masih cukup ramai sehingga Saya merasa ini perlu diupdate. 

 

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa pada waktu-waktu tertentu, pelayanan Surat Ketrangan Sehat Rohani di RSJD ini memang mengalami lonjakan seperti yang terjadi saat ini ketika dalam masa pemberkasan CPNS.

 

Daftar Online

 

Lokasi RSJD yang cukup jauh dari kota memang menjadi hambatan tersendiri bagi seseorang yang akan mengikuti assessment kejiwaan. Kadang ada yang sudah datang jauh-jauh tapi tidak mendapatkan antrian karena orang-orang sudah datang jauh lebih pagi. Hal ini menyebabkan hasil tes jadi meragukan karena kondisi orang yang mengantri, Lelah, kesal, lapar tentu dapat memengaruhi proses assessment. 

 

Kabar baiknya adalah saat ini mereka sudah menyediakan layanan daftar online melalui link berikut: https://rsjlampungprov.com sehingga bisa meminimalisasi antrian yang berkepanjangan. 

 

Namun nyata tidak juga. Saya mendapatkan jadwal assessment hari Sabtu, 8 Januari 2021 pukul 08.00 WIB. Ketika sampai di sana, antrian sudah panjang sekali padahal belum juga jam delapan.

 

Oh iya, catatan pentingnya adalah jika kamu ingin melakukan assessment kejiwaan dalam peak season seperti ini, kamu bisa masuk kedalam aplikasi di website RSJD Kurungan Nyawa tersebut sejal lewat tengah malam. Misalnya jam 1 dini hari. Perlu juga diketahui bahwa jadwal assessment nanti akan diberikan setelah kita melakukan konfirmasi pembayaran. Jadi nggak langsung daftar kemudian bisa datang.



Saya mengambil paket Surat Keterangan Sehat Rohani, Jasmani, dan Bebas Narkotika (Rojana) dengan total tagihan Rp. 590.000.

 

Melakukan Pembayaran

 

Ini adalah bagian yang paling menyebalkan sih menurut Saya. Pembayaran tagihan yang kita dapatkan setelah mendaftar lewat aplikasi harus dibayar cash via teller Bank Lampung. Nggak bisa lewat M-banking apalagi pakai e-wallet. Sungguh menyusahkan.

 

Sehingga Saya harus mencari kantor Bank Lampung yang available dan bank daerah seperti ini di waktu-waktu tertentu juga penuh dengan nasabahnya. Akhirnya Saya melakukan pembayaran di Bank Lampung Rumah Sakit Airan Raya, Way Hui, Jati Agung Lampung Selatan. Lokasi bank-nya ada di lantai dasar (atau lantai 1?). Di sana nggak ngantri sama sekali, tapi beware aja sama Satpam-nya yang nampak sudah tua. Sorry Saya lupa liat papan namanya. Dia membuat beberapa pelanggan kurang nyaman dengan gelagatnya, khususnya terhadap beberapa teman saya yang perempuan yang juga merasakan hal yang sama. Jangan takut speak up!

 

Setelah bayar langsung di teller, kita bisa lakukan konfirmasi pembayaran lewat aplikasi Rojana di website RSJD dengan melampirkan slip pembayaran. Kalau kita tidak melakukan konfirmasi, maka proses tidak dapat dilanjutkan. Jadi nggak langsung bisa dikonfirmasi secara otomatis.

 

Mendapatkan Jadwal Assesment

 

Setelah kita mengonfirmasi proses pembayaran, kita akan mendapatkan jadwal lengkap dengan informasi apa saja yang perlu dibawa.




 

Selain yang tertera di sana, penting juga buat kamu untuk membawa minum dan pastikan sudh sarapan dari rumah. Kalau mau bawa snack yang agak berat untuk penunda lapar juga boleh banget karena bisa jadi assessment baru akan selesai di siang hari. Saya pribadi adalah ornag yang sulit sekali bisa makan dan minum di rumah sakit kecuali sewaktu Saya menjadi pasien tiga tahun lalu. Tapi gimana lagi, di RSJD ini kudu ngantri, di beberapa spot juga kudu panas-panasan jadi cukup menghabiskan energi sehingga air minum saya bisa habis. Tapi kalau untuk makan tetap belum bisa, sih sampai mikirin makanan paling enak untuk dimakan setelah pulang aja tetap terasa nggak nikmat.

 

Oh iya, di sana tertera juga kamu harus membawa papan ujian. Tapi rasanya nggak perlu karena di sana disediakan kursi-meja yang cukup proper untuk menulis, kok. 

 

Pengambilan Hasil Assesment

 

Surat Keterangan Sehat Rojana Saya dapat diambil hari Selasa, 12 Januari 2021. Pengambilan dilakukan di Bagian Radiologi di dekat Bank Lampung dengan menyerahkan kwitansi pembayaran yang sudah ditandatangani oleh petugas ketika assessment.

 

Bagi yang butuh untuk melakukan legalisasi, dokumen bisa difoto kopi di luar RSJD dengan biaya yang konon jauh banget lebih murah daripada di dalam RSJD. Untuk lokasinya bisa ditanyakan ke Satpam aja karena Saya nggak melakukan legalisasi.

 

Sebenarnya menurut Saya pelayanan di RSJD sudah jauh lebih baik dengan adanya pendaftaran online. Namun ternyata di lokasi masih juga menerima pendaftaran offline yang juga membuat antrian panjang. Selain itu mungkin juga perlu adanya perbaikan sistem pembayarannya agar tidak ribet. Kemudian lokasi tes yang kurang memadai untuk melayani begitu banyak pasien di peak season sekaligus di masa pandemic seperti sekarang ini juga perlu dipertimbangkan. 

 

Oh iya, selain di RSJD Kurungan Nyawa, Surat Keterangan Sehat Rojana bisa juga kita dapatkan di RS Bhanyangkara (di Jalan Pramuka) dengan biaya Rp. 400.000 dan RSUD Metro dengan biaya yang juga nggak sampai RP. 500.000.

 

Mungkin ada teman-teman yang berkenan menambahkan informasi dan pengalamannya? 

 

3 comments

  1. Terima kasih ulasannya, informatif banget dan ini bener bener bisa menjadi solusi bagi yang hendak mengurus surat keterangan sehat jasmani rohani dan bebas narkoba di RSJ propinsi Lampung

    ReplyDelete
  2. Bagus banget ya mbak. Sekarang mah sudah serba online, daftar juga bisa online. semua pelayanannya pun online. Mudah banget ternyata untuk buat surat keternagan sehat Rojana ini.. Nuhun mbak

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya Mbak semoga kita sehat-sehat saja dan kalau memerlukan Surat Keterangan Sehat langsung ke rumah sakit deh

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<