Enduro, Oli Motor Terbaik untuk Hidup Berkelanjutan


“Ini motor atas nama kamu, ya. Dirawat betul-betul...,” kata Bapak di sore hari itu.



“SIAAAAAPPPP!” saya terharu menerima kunci dan STNK dari Bapak.


Sejak diberi amanah dari orangtua berupa sebuah sepeda motor Supra X 125 PGM-Fi di hari ulang tahun saya yang ke-28, saya jadi sedikit perhatian terhadap kesehatan sepeda motor. Saya belajar tentang cara mencuci motor yang benar, mengirim motor untuk diservice rutin ke dealer, termasuk soal urusan ganti oli pun saya banyak belajar.

Saking banyaknya jenis dan merek oli, saya sampe bingung. Pasalnya memilih oli konon seperti memilih suami. LOL. Jenis oli yang salah bisa merusak mesin dan membuat garansi motor jadi hilang.

Motor ini sangat bernilai secara psikologis buat saya. Selain sebagai hadiah ulang tahun, ini juga jadi simbol bahwa saya sudah dewasa dan diberikan tanggungjawab lebih dari orang tua. Makanya saya ingin mengendarai motornya untuk jangka panjang. Untuk itu saa harus memperhatikan perawatan dan pemeliharaan mesin. Selain menjaga kepercayaan, upaya ini juga mencegah pemborosan.


Enduro, Oli Motor Terbaik

Hingga suatu hari saya kehabisan oli dan motor saya jadi mogok. Saya jadi sadar betul manfaat oli bagi sirkulasi mesin. Akhirnya pilihan saya jatuh kepada oli buatan Pertamina Lubricans yang memproduksi Pertamina Fastron dan Pertamina Enduro. Saya pilih Enduro katanya konon untuk motor, Enduro ini lebih recommended untuk motor. Sedangkan Fastron untuk mobil.



Oli motor Pertamina Enduro ini pun masih dibagi-bagi lagi menjadi 8 macam, sebagai berikut:


1.       ENDURO 4T SPORT SAE 5W-30
2.      ENDURO 4T RACING SAE 10W-40
3.      ENDURO 4T SAE 20W-50
4.      ENDURO MATIC SAE 10W-30
5.      ENVIRO 2T SAE 20
6.      ENDURO GEAR
7.      ENDURO MATIC G SAE 20W-40
8.     ENDURO 4T RACING SAE 10W-40
 


 
Saya memilih Enduro 4T Racing SAE10W-40 yang memang direkomendasikan untuk motor empat langkah merek seperti Suzuki, Honda, Yamaha, Kawasaki dan sebagainya. Oli jenis ini mempunyai kekentalan yang stabil sehingga anti slip saat pemakaian. Oli ini sudah teruji dan lolos variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil

Karakter ini juga membuat kebersihan mesin sangat terjaga. Oli ini juga bersertifikasi mutu JASO MA2 (approved). JASO MA2 merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah.


“Saran saya, malah bagusan pakai Pertamina Enduro Racing. Lebih bagus dari segi API (SL), karena akan lebih bagus pastinya. Plus SAE/Kekentalannya juga pas,” kata pegawai bengkel.


Setelah diuji pada mesin motor saya, Oli Enduro Racing ini ternyata tarikan mesinnya mantap dan di kantong lebih hemat. Hemat jarena dari 1000 ml total volume, bisa ada sisa sekitar 200 ml. Selain itu juga hemat BBM. Nilai tambah lainnya, aromanya juga nggak bikin pusing kepala. Kalau menurut pegawai di bengkel, yang penting jangan pakai oli mesin motor matik karena bisa menyebabkan slip kopling.


“Kayanya nggak ada sih oli khusus untuk honda supra x 125. Mendingan kalau pengin pakai oli di luar pabrikan tetap menggunakan spesifikasi yang sama. Pastikan juga SAE-nya sesuai anjuran, misalnya 15W-40 yang cocok sama Supra x,” pegawai bengkel tersebut menjelaskan.


Di PT Pertamina Lubricans, transaksi pembayaran juga sudah dipermudah dengan adanya pembayaran cashless. Saya bisa bayar oli tersebut menggunakan T-Cash, OVO, Go-Pay. Belinya juga bukan Cuma di Enduro Express SPBU Pertamina, tapi juga di Olimart dan saluran distribusi PT Pertamina lainnya.

Memelihara Kondisi Sepeda Motor

Memerhatikan kondisi kebersihan mesin

Kerusakan mesin motor bisa diidentifikasi dengan memperhatikan gejala yang tidak normal pada mesin motor kita. Caranya mencegahnya salah satunya dengan cara tidak menggonta-ganti merk oli yang berbeda-beda. Selain itu juga dengan memperhatikan kebersihan mesin saat penggantian oli. Hal ini dikarenakan sisa oli lama yang tersisa dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Memilih jenis oli sesuai spesifikasi motor

Jangan sampai menggunakan oli motor matik untuk motor manual. Hal ini bisa menyebabkan slip. Penggunaannya juga perlu diperhatikan, untuk jarak dekat dan sehari-hari saja, atau untuk balapan.

Setelah saya menggunakan Enduro Racing, tarikan motor memang lebih mantap. Tapi konon mesin saya akan bekerja dengan sangat keras sehingga mudah terjadi collapse pada mesin.

Mengganti oli setiap sebulan sekali

Kalau misalnya motor hanya dipakai dengan jarak 3 km rumah-kampus PP, oli wajib diganti setiap 2-3 bulan sekali. Kalau motor tersebut dalam sehari menempuh jarak lebih dari 10 km, maka oli harus diganti setiap sebulan sekali. Catatan lainnya adalah segera ganti oli jika jarak tempuh motor sudah 2000-3000 km.

Melumasi rantai motor dengan Pertamina Enduro Gear

Siapa yang masih suka melumasi rantai dengan oli bekas? Ini kelakuan saya sejak dulu karena ya memang sudah lumrah, bukan? Bahkan rantai sepeda pun dilumasi dengan oli bekas. Kelakuan macam ini dapat membuat rantai menjadi cepat rusak. Sekarang sudah ada Pertamina Enduro Gear, pelumas khusus rantai. Ini akan membuat kondisi rantai tetap sehat dan panjang umur.

Setelah membuktikan sendiri performa mesin motor setelah menggunakan oli Pertamina Enduro, saya jadi makin yakin bahwa produk ini memang dibuat sesuai untuk menjawab kebutuhan mesin agar sesuai dengan karakter pengendara. Ini menguatkan bahwa Pertamina memang layak untuk mendapatkan penghargaan BUMN Marketeers Award 2018 untuk kategori 'The Most Promising Company in Branding Campaign', kategori 'The Most Promising Company in Entrepreneurial SOEs', dan kategori 'The Most Promising Company in Marketing 3.0'.

Kalau kalian udah coba belum oli besutan PT Pertamina karya anak bangsa ini?

No comments

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<