Strategi Bisnis Hokben Berbuah Loyalitas Pelanggan



Seperti gayung bersambut ketika saya kembali diperlihatkan kontemplasi-kontemplasi kenangan bersama Jepang. Tentang saya yang selalu excited dengan J-Festival, waktu saya fangirling Laruku, hingga ketika saya beberapa kali jatuh bangun mendaftar beasiswa belajar di sana. Kali ini, Hokben, restoran favorit saya kembali membuka store baru di Bandar Lampung. Store yang lebih istimewa karena konsepnya stand alone alias berdiri sendiri sehingga saya nggak perlu ke mall untuk bisa makan di Hokben. Hokben yang baru ini juga nggak terlalu jauh dari daycare Sakha, jadi bisa melipir sembali antar atau jemput.


... Ada aja alasan ke Hoka Hoka Bento...


Jingle itu bahkan masih saya ingat sampai sekarang. Sampai Hoka Hoka Bento bertransformasi menjadi Hokben. Jingle Hokben yang sangat lekat dari ingatan generasi 90-an itu merupakan salah satu strategi bisnis yang sangat berhasil menurut saya. Sehingga saya tumbuh menjadi pelanggan yang loyal hingga sekarang. Hal ini terkait juga dengan strategi yang lain yang diterapkan oleh Hokben dalam rangka bersaing di dunia bisnis.

Dalam menarik minat konsumen, Hokben menggunakan strategi periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan dan publikasi. Hokben tentunya ingin menjadi pemimpin dan penentu arah pada industri Japanese style food provider (penghasil makanan minuman bergaya Jepang), dengan kualitas produk yang terbaik, kualitas layanan yang terbaik, dan kualitas sumberdaya manusia yang terbaik.

Kalau kata Philip Kotler dan Kevin Keller, loyalitas merupakan komitmen mendalam untuk membeli atau mendukung kempali produk atau jasa yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih. Terlebih pada era perekonomian sekarang ini  mendorong terjadinya suatu perusahaan untuk meningkatkan keunggulan bersaing melalui sumber daya yang dimiliki oleh pihak yang terkait. Baik itu terkait dengan kondisi pasar, teknologi ataupun sumber daya manusia pada suatu bisnis.

Lokasi Strategis


Penentuan lokasi bisnis tentu bukan sekedar perkara menghitung kancing. Restoran HokBen yang baru dibuka pada 30 Oktober 2019 ini berlokasi di Jl. Pangeran Antasari No. 31 RT 05 LK 02, Kecamatan Kedamaian, Bandarlampung. Persis di sebelah GraPARI Telkomsel.

Selain berada di jalur utama, lokasi restoran ini berdekatan dengan restoran-restoran lain baik fast food maupun slow food hingga swalayan. Di lingkungan tersebut juga terdapat beberapa perumahan padat penduduk yang memudahkan pelanggan untuk datang.

Meski berada di jalur utama yang ramai, namun tetap nyaman untuk pelanggan bisa sampai di HokBen Antasari. Hal ini dikarenakan lokasi resto tidak jauh dari u-turn.

Dalam kondisi lingkungan yang ramai dan berkembang pesat, tentu HokBen tak perlu khawatir akan kehilangan pelanggan. Pelanggan dapat sekedar mampir untuk dine in, take away atau drive thru. Atau memang sengaja menuju ke HokBen Antasari dari rumah.

Restoran ini dibangun di atas lahan seluas 2.300 meter persegi. Tentunya pelanggan tidak perlu khawatir lagi soal luasan restoran atau area parkir. Parkir kendaraan tersedia bagi mobil maupun motor, dan juga khusus untuk driver delivery service dan ojek online.

Ruangan resto yang dibangun dua lantai memungkinkan pihak HokBen menyediakan 126 kursi pada area indoor. Di lantai dua juga terdapat area outdoor yang dilindungi dengan payung-payung berukuran besar. Demi kenyamanan pelanggan, HokBen juga menyediakan party room dengan kapasitas sekitar 30 orang. Fasilitas ini dilengkapi dengan soundsystem dan LCD proyektor.

Untuk anak-anak, akan tersedia juga playground yang akan membuat anak-anak semakin betah berada di HokBen Antasari. Selain itu juga tersedia musholla dan toilet yang memadai.

Mendekatkan Diri Kepada Pelanggan


Strategi bisnis perusahaan bisa mendekati sumberdaya atau mendekati pelanggan. HokBen adalah salah satu perusahaan yang mendekatkan diri kepada pelanggan sehingga memudahkan pelanggan dalam mengakses makanan a la Jepang favoritnya.

Resto HokBen Antasari yang merupakan resto HokBen ke 157 di Indonesia. Menariknya, semua gerai HokBen di Indonesia ini dikelola oleh satu perusahaan yang sama, PT Eka Bogainti besutan Pak Hendra Arifin. Jadi HokBen bukanlah franchise sehingga mulai dai kulitas hingga value perusahaannya semuanya sama dan terjaga.

HokBen memang lahir dari kondisi yang sangat dekat dengan pelanggan. Dengan konsep makanan hangat dalam kotak, pada awalnya HokBen hadir dalam konsep take away.

Zaman sekarang, tentu semua dituntut untuk berkembang seperti kehidupan urban yang serba cepat dan ringkas. Saat ini HokBen dapat dengan mudah diakses oleh pelanggan dengan hadirnya tagline “You Just a sumpit away from HokBen” besutan HokBenApps. Hokben juga dapat dengan mudah dihadirkan di rumah lewat fasilitas delivery order atau pun ojek online. Bahkan kini HokBen hadir di pesawat Garuda Indonesia.

Berjuang sendiri tentu membutuhkan usaha dan energi yang lebih besar daripada berjuang bersama-sama. Kolaborasi merupakan strategi yang tak bisa dihindari oleh perusahaan di era sekarang. Kolaborasi ini pun bisa terjadi lintas industri. Hal ini tentu tak ingin dilewatkan oleh HokBen agar pelanggannya mendapatkan New experience, same great taste.

Nilai Perusahaan dalam Community Pattern


Nilai-nilai HokBen sangat terasa bahkan ketika kita memandang jauh gedungnya yang bernuansa kuning-hitam. Nilai-nilai yang mereka terapkan merupakan komitmen mereka yang tersemat pada HokBen Community Patern. Community Pattern yang menempel di cup hingga dinding ini ada filosofinya yaitu 100% premium beef tanpa lemak (kualitas), Parent and kid, welcoming hello (bowing), friendship, respect, pride.

Makanan Jepang, Ya HokBen


Sebagai trendsetter, Hokben tentu sangat lekat dalam ingatan masyarakat. Bahkan mungkin bagi yang belum pernah makan produk HokBen itu sendiri. Misalnya Ekkado. Menurut penuturan Mbak Irma Wulansari, Communicator dan Service Division PT Eka Bogainti, menu Ekkado merupakan produk otentik HokBen yang sudah mendapatkan hak paten. Ekkado ini berasal dari kata egg dan kado yang bermakna telur yang dibungkus seperti kado. Awalnya ini dibuat oleh istri owner HokBen yang memang senang berinovasi dengan masakan.

Nama Ekkado ini bahkan sudah menjadi general truth bahwa makanan berupa telur yang dibungkus mirip kado ya namanya Ekkado. Padahal ini adalah penamaan menu di HokBen.

Selain itu ada pula tori no teba. Makanan ini berupa sayap ayam tanpa tulang dengan taste khas yang lebut dan juicy. Ini juga sudah dipatenkan meski tak sedikit orang latah membuat produk serupa dengan nama yang sama.


Segmentasi Pelanggan


Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh HokBen adalah dengan mengelompokkan produknya berdasarkan segmentasi. HokBen memang terlihat fokus pada segmentasi pasar anak muda dengan kehadiran menu-menu kontemporer dan dinamis. Namun HokBen juga tidak luput untuk urusan jaminan halalnya karena hingga saat ini HokBen sudah tersertifikasi excellent halal.

HokBen juga membuat nyaman anak-anak dengan menyediakan menu Kidzu Bento lengkap dengan bonus hadiah. Menu makanan yang ada di HokBen juga tidak mengandung vetsin sehingga aman dikonsumsi oleh smeua kalangan. Meski vetsin bukanlah bahan berbahaya, tapi banyak orang benar-benar sangat menghindarinya. HokBen juga menyediakan playground sehingga membuat anak-anak semakin betah untuk berlama-lama.

Tak hanya itu, HokBen juga mengakomodasi generasi tua yang cenderung ‘berlidah Indonesia’ dengan menyediakan menu yang hot and spicy. Selain itu juga saya tahu bahwa banyak orang tidak terlalu suka dengan ocha sehingga HokBen juga berkreasi dengan mengeluarkan Ochalogy dengan varian ocha dicampur sirup blueberry, strawberry, leci, ata pun jeruk.

Bahkan HokBen juga memberikan pilihan menu sesuai budget dan kebutuhan. Untuk porsi besar dan aneka ragam menu tersedia Simple Set dan Bento, sementara untuk porsi sedang ada ABCD dan Simple Set. Untuk yang tak ingin repot dengan aneka macam menu, ada Rice Bowl dan juga paket a la carte. Ada juga menu dessert yang tentunya sangat ekonomis.

Untuk efisiensi kemasan dan budget, ketika beramai-ramai kita bisa pesan Omiyage yang tersedia paket untuk berermpat atau berenam dengan budget mulai RP. 155.000. Dengan memilih menu ini, saya tidak perlu lagi galau dengan aneka pilihan menu karena semuanya lengkap bahkan dengan sajian edamame.

Mengikuti Perkembangan Zaman


Zaman terus berubah. Dinamikanya bukan sekedar perkara kemajuan dan disrupsi teknologi melainkan juga soal gaya hidup. Sebagai perusahaan yang tidak egois, HokBen tentu harus bergerak mengikuti pakem untuk fokus pada profit, people and planet.

 Untuk people, HokBen berfokus pada dua pilar utama, yakni HokBen Cinta Pendidikan dan HokBen Berbagi dengan Sesama. Pendidikan dan berbagi ini menjadi penting karena inilah yang dapat mengubah hidup seseorang. Sementara itu, pilar berbagi dengan sesama sejalan dengan slogan CSR HokBen, yaitu Share to Love, Love to Share.

Seiring semakin banyaknya orang yang beralih untuk hidup lebih selaras alam, HokBen tentu tak boleh ketinggalan. Bukan sekedar untuk mendulang profit dari pelanggan, perubahan HokBen tentu harus didasarkan pada kepentingan dasar manusia yang selalu bergantung dengan alam.

Saat ini, bergerak dengan kampanye #UseLessPlastic , HokBen tidak lagi menyediakan sedotan dan lid plastik untuk minuman dine in. Selain itu, untuk take away, HokBen juga sudah mengizinkan pelanggannya untuk membawa wadah dari rumah.

Perlu diperhatikan untuk wadah yang dibawa haruslah yang food grade agar tidak terjadi migrasi bahan berbahaya dari wadah kedalam makanan sehingga mengubah kualitas fisik, kimia, dan mikrobiologi makanan. Wadah makanan juga harus bersekat karena menu HokBen memang tidak bisa dicampur seperti nasi padang. LOL.

It’s a great movement, Dear HokBen! Meski saya masih harus menolak sendok plastik dan tisu yang tetap diberikan tanpa ditawarkan terlebih dahulu. Namun saya percaya, gerakan HokBen akan semakin baik kedepannya.

Aneka Promo Ramaikan Launching

HokBen memang kerap hadir dengan aneka promo menariknya. Apalagi kali ini dalam rangka pembukaan resto baru, tentu promo yang ditawarkan sangat patut diperjuangkan.

Untuk keterangan lengkap informasi, menu, harga dan promo, pembaca bisa langsung menuju ke www.hokben.co.id atau akun instagram @hokben_id. Untuk yang mager di rumah, bisa kontak delivery melalui  1500505 atau HokBenApps.

2 comments

  1. Lho ini emang cuma 1 fotonya atau sinyalku yang lagi payah ya jadi gak keloading?

    ReplyDelete
  2. Marriage restoration..Stop your marriage from breaking apart today. I lost my husband to another woman 2 weeks ago after 27 years of marriage . We had a lovely marriage but he started a relationship with a co worker who chased after him . He is living away near his work and her and refuses to talk to me or to come home . I am devastated and am finding it hard to cope . I wish I did not love him and that I could move on but I can't . I don't know how to stop feeling like this I wish I didn't as its eating me away and I m starting to feel ill. I have degraded myself begging him to come home all to no avail. I became very worried and needed help. As I was browsing through the internet one day, I came across a website that suggested that Chief Dr Lucky can help solve marital problems, restore broken relationships and so on. So, I felt I should give him a try. I contacted him and he did a spell for me. two days later, my husband came to me and apologized for the wrongs he did and promise never to do it again. Ever since then, everything has returned back to normal. I and my family are living together happily again.. All thanks to Chief Dr Lucky. If you need a spell caster that can cast a spell that truly works, I suggest you contact him. He will not disappoint you. if you have any problem contact him, I give you 100% guarantee that he will help you, This is his details,Email him at: Chiefdrlucky@gmail.com you can also call him or add him on Whats-app: +2348132777335 Website :  http://chiefdrluckysolutionhome.website2.me/

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<