10 Akun Instagram yang Membimbingmu Menuju Hidup Selaras Alam



Siapa bilang mantengin instagram banyak mudharatnya? Hihi. Itu sih tinggal gimana kitanya aja yah. Banyak kok akun-akun instagram yang berguna banget bahkan membantu kita banget.


Setidaknya saya punya sepuluh rekomendasi akun instagram yang harus kamu follow dan terus pantengin juga ikuti pesan di dalamnya agar bisa hidup selaras dengan alam. Nggak sekedar zero waste, tapi juga tentang berkebun dan menyeimbangkan kehidupan kita dengan lingkungan sekitar.

Sebenarnya saya pengin ngasih rekomendasi lebih dari sepuluh karena ya aku-akun keren itu memang sebanyak itu. Artinya sudah banyak orang keren di dunia ini yang enggak egois Cuma mementingkan hidupnya sendiri saat ini doang. Di Indonesia pun demikian. Rekomendasi saya kali ini semuanya orang Indonesia loh!

@waste4change

Akun ini baru saya kenal belum lama ini. Saya sangat nggak nyangka upaya mereka kuar biasa. Diinisiasi oleh anak-anak muda banget, mereka sudah bisa kerjasama dengan banyak parapihak. Salah satunya Dee Lestari. OMG! Envy!

@sustaination

Ini kali keberapa ya saya nyebut Sustaination? Haha. Mbak Tyas harus memberi saya reward atas kesetiaan saya kepadanya.

@dkwardhani

Bu Dini, seorang dosen Perencanaan Wilayah yang memilih resign ini kontribusinya besar banget. Bahkan saya pikir beliau sudah memmbangun istana amal jariyahnya lewat kampanye zero waste lifestyle dan membuat buanyak sekali orang jadi sayang bumi dan membuat gaya hidup ini menjadi sangat normal saat ini.

@ypbbbandung

NGO ahli persampahan yang keren banget. Saya selalu konsul sama mereka soal pemberdayaan tentang pengelolaan sampah wabilkhusus ke Teh Anil yang sudah profesor di bidang ini sama Teh Tiwi juga. Akibat kenal di YPBB inilah hubungan kami jadi merembet kemana-mana.

@kebunkumara

Berlokasi di Situ Gintung Jawa Barat, Kebun Kumara sering menggelar pelatihan terkait pengelolaan sampah dan berkebun. Dengan tagline #siapapunbisaberkebun mereka membuka Dropbox sampah yang bisa ditukar dengan bibit. Duh, penginlah saya kasih semua sampah saya! Haha.

@bumilangitofficial

Saya kenal Yayasan Bumi Langit Institute ini sewaktu berjibaku dengan waktu di Jogja. Kawan-kawan aktivis lingkungan disana memang tampak lebih all out dan bersatu untuk gerakan yang padu. Apalagi kalau kamu pengin belajar tentang permakultur.

@indmira

Indmira adalah sebuah perusahaan agrocomplex ywng bergerak dalam bidang research and development terkait pertanian. Mereka berlokasi di Pakem, Jogja. Cuaca yang sejuk membuat siapapun pasti betah ada di sana.

@lokaluntuklokal

Merupakan sebuah ide kampanye tentang produksi dan konsumsi yang berkelanjutan. Ini diinisiasi oleh Komunitas Organik Indonesia dan WWF Indonesia. Keren banget idenya. Sekarang saya baru bisa jadi follower. Someday penginnya kerjasama bareng mereka. Mungkin bisa selaras dengan aktivitas Prodi atau Jaringan Perempuan Padmarini.

@iddkp

Diet Kantong Plastik merupakan NGO pertama tentang kampanye pengurangan plastik yang saya ikuti perkembangannya sejak saya belum lulus S1. Dulu sih gara-gara Rahyang, lalu merembet-merembet akhirnya bisa kenal dengan komunitas lain dan sadar bahwa orang baik yang sayang bumi itu tiap hari membelah diri seperti amoeba.

@ewasterj

Rafa Jafar saya kenal pertama kali di instagram waktu saya mau S2. Waktu itu saya emang udah gelisah dengan sampah elektronik tapi kok miskin ide pelaksanaan kampanye or something. Eh ndilalah nemu bocah yang keren banget ini. Lalu ketemu lagi di Instagram dan ternyata dia udah punya buku kedua dan dia punya lembaga juga. Makin mantap. Malu deh, saya nggak berbuat apa-apa.

No comments

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<