5 Tempat Makan Favorit Saya



Jadi anak kos dan hidup nomaden tentunya membuat saya sering mampir ke tempat makan. Bukan ruang makan, lho. Ya you know lah what I mean. Semacam restoran, rumah makan, atau warung makan.


Terkadang, pemilihan tempat makan favorit buat saya bukan sekedar dari menunya yang enak. Menu yang enak ini kan soal selera, ya. Kadang saya sendiri sempat zonk kalau mengikuti review para influencer. Tapi kalau saya pribadi juga menulai ambience dan kenangan di dalamnya untuk memutuskan bahwa: Ya, ini tempat makan favorit saya!

Memendekkan list menjadi hanya lima cukup sulit bagi saya. Karena ya saya makan dimana-mana dan meninggalkan jejak dimana-mana juga. Kadang itu membuat saya ingin kembali dan sekedar duduk du depan laptop demi mengulang rutinitas yang sama. Haha. Ya, saya hobi kerja di tempat makan. Kerja otak membuat saya gampang lapar dan bekerja di tempat makan adalah solusinya.

Bebek Belvr

Tempat makan ini ada di Lampung. Besutan kawan kuliah saya semasa S1 bersama kakaknya. Sekarang mereka sudah punya banyak cabang. Keren, ya! Sementara saya belum jadi apa-apa. LOL.

Foto: FB bebek Belvr

Kalau di Bebek Belvr saya nggak pesan yang lain-lain, sih. Cuma bebek bledek doang favorit saya. Jadi itu bebek goreng dengan daging yang lembut dan enggak bau bebek disajikan dengan sambal ijo (kadang ada merahnya juga) bercitarasa pedas manis. Jadi itu rasanya kombinasi manis, gurih, sedikit pedas gitu. Nasinya panas-panas dan bisa bikin saya nambah. Hahaha.


Katanya itu adalah menu besutan ibunya. Ah, masakan ibu emang juara, ya!


Bebek Belvr ini bisa dijumpai di Jl Gatot Subroto Pahoman, Jl ZA Pagar Alam Rajabasa, Jl Pramuka Rajabasa, Way Kandis, Jl Diponegoro Teluk Betung, terus masih ada lagi nggak yah saya lupa. Di Goofood juga ada. Tapi biasanya sambelnya langsung dicampur sama bebeknya jadi saya suka minta mereka dipisahin tapi jangan jauh-jauh bisi kangeun.

RM Ampera

Entah kenapa yah saya selalu kangen makan di Ampera kalau lagi di Bandung? Ada yang merasakan hal yang sama? Padahal ya menunya juga gitu-gitu aja dan not to special juga sih. Mungkin karena Bandung dingin jadi bawaannya laper melulu kali, yah.

Saya sesuka itu sama makanan di Ampera tapi nggak suka sama tempatnya karena gelap dan lembab. Sampai-sampai waktu hamil kemarin dan ditanya oleh Pak Herman, Kaprodi saya yang dari Bandung, "Pengin dibawain apa? Masa nggak ngidam apa-apa?" dan saya bilang pengin makanan Ampera. Beliau bilang ongkos delivery-sejuta, yah! LOL. Ujung-ujungnya saya dibawain Brownies Amanda dua kotak.

Foto: visit-halal.com

Saya suka menu di Ampera itu pepes tahunya sama sambal. Udah sih itu aja. Karena kalau sudah pesan itu, pesan yang lainnya juga mashoookkk. Jadi enak semua. Haha.

Saya biasa makan di RM Ampera dekat Stasiun Bandung sama dekat Terminal Leuwi Panjang. Jadi begitu lapar ketika sampai di Bandung, langsung hajar makan di Ampera. Atau ketika mau meninggalkan Bandung (dan pacar di dalamnya) anakan ngisi amunisi di sana sambil nunggu armada membawa saya ke lain kota. Halah.

Hokben

Siapa sih yang enggak suka? Haha. Makanya saya excited banget waktu Hokben buka di Lampung akhir bulan lalu.


Sedih ketika saya lagi hamil dan pengin banget makan Hokben tapi enggak bisa kemana-mana. Ya mau kemana karena ke kampus aja langsung jadi lemah tak berdaya.

Saya suka menu udang tentunya. Segala menu berbahan dasar udang kecuali bakso udang adalah favorit saya. Saya enggak suka ayamnya sih. Karena ngapain makan ayamnya kalau ada yang lain. Makan ayam mah yaudah di KFC ajah. LOL.

Saya biasa makan Hokben du Jl Kaliurang Yogyakarta (ya dimana lagi karena itulah yang dekat kosan saya) LOL, dan di Cibabat Cimahi karena ya itulah kawasan lalu lintas ke rumah pacar. Lalu di Bandara meski harganya jadi lebih mahal. Huhu.


Ohya, kalau ke Hokben bawa sendok atau sumpit sendiri supaya nggak pakai yang disposable. Plus kalau pengin minum es ya bawa tumbler karena mereka pakai wadah cup plastik.


Warung SS

Huwaaaa... Kangen banget sama Warung SS aka Special Sambal. Menunya biasa aja banget. Menu rumahan. 


Sampai HB aja bilang,"aku suka SS ya karena kamu suka. Nggak ada yang spesial sih kecuali (Gulai Kepala Ikan) Bang Jo)!"


Tapi karena mereka menyediakan menu rumahan itulah saya jadi suka. Namanya anak kos, ketemu cumi goreng krispi dan sambal terasi tomat mentah kan udah sip banget tuh. Atau kalau lagi agak tipis kantongnya, beasiswa belum cair dan kiriman orang tua harus ditahan sampai akhir bulan ketiga ya makannya telur gobal gabul. Di sanalah saya nemu nama nakanan yang aneh. Telur gobal gabul dan sambal gobal gabul.

Foto: liputan6.com

Konon rumah makan ini salah satu inisiatornya adalah kakak dari kawan S2 saya. Tapi saya kok ya lupa tanya filosofisnya nama menu "gobal gabul" itu dari mana

Pertama kali saya berkunjung ke Warung SS adalah ketika pertama datang ke Jogja diajak oleh kawan Balita, TK, SD, SMP saya yang sudah stay du sana. Itu di SS Pandega dan kemudian saya reunian bareng kawan-kawan alumni mahasiswa berprestasi 2010 juga disana. Setelah itu saya berulang kali kesana tak terhitung jumlahnya dan sekarang lagi kangen banget pengin makan cumi goreng krispi.

Nikkou Ramen

Ini juga saya kesana diajak oleh teman kecil saya itu. BTW apa saya nggak punya foto bareng gitu, ya? Ah, rasanya punya tapi mungkin di folder lama. Jadi kangen juga sama Mama Nua. Hihi.


Thanks ya, Wi (namanya Tiwi, btw) sudah membawaku berkelana rasa di Jogja. Jadi kangen. Haha.


Saya suka ramen di sini dan menurut saya itu adalah ramen terbaik. Meski mungkin terlalu terkesan ramen ala ala tapi ya saya suka. Rasanya ringan. Enggak berlebihan rempah. Tapi porsinya luar biasa. Kayak pakai baskom. Sekali pun porsi besar saya mah abis-abis aja sih. LOL.

Foto: Facebook Nikkou Ramen

Dulu Nikkou Ramen ada di Jl Monjali Yogyakarta. Nggak tau deh sekarang masih ada atau enggak. Tapi yang jelas kangennya yang masih ada. Eh apasih.

Yah, kok udah lima aja. Kujadi sedih. Padahal masih banyak banget listnya.

Ada satu lagi yang saya pengin banget sejak sebelum hamil bahkan: Kalimilk. Huhu seger banget rasanya minum susu porsi gajah.

Kalimilk ini ada di dekat kosan saya. Dekat banget karena tinggal keluar gang lalu belok kiri beberapa langkah. Saya suka kesana naik Wimmy, sepeda lipat saya. Tentunya saya nggak bawa tangan kosong dong kesana. Saya bawa tumbler dan juga... laptop. LOL.

Di Lampung sini ada susu-susuan begitu tapi ya beda banget. Si HB abis minum susu-susuan yang konon enak dan recommended aja langsung batuk. Huhu. Cita-cita deh pengin bikin semacam Kalimilk gitu sebagai neneners sejati.

Hadeuh, ini saya ngetiknya sebelum subuh dan sukses bikin ngacai karena lapar dan juga nafsu nih.

Kalau kamu tempat makan favoritnya apa aja? Share dong siapa tau saya belum pernah coba atau malah saya dengan kesukaan saya tapi nggak masuk list.

12 comments

  1. bebek belvr gimana bacanya? bebek belur gitu ya mbak? aku juga suka bgt makan di hokben, di saat udah bingung mau makan apa yauda ke hokben aja udah paling gampang. udah ketauan enak menunya dan harganya ga menguras energi dan kantong haha

    ReplyDelete
  2. Saya tim ramen! Kalo lagi jalan, khususnya ke mall, dan bingung mau makan apa, ramen adalah penyelamat!

    ReplyDelete
  3. warung SS ini ngehits banget di kalangan Mahasiswa, di Malang juga ada loh..

    ReplyDelete
  4. Di Jember juga ada warung SS
    tapi hmm kok menurutku harganya mahal ya
    nggak kantong mahasiswa sih.
    Sekali makan kenak 20ribu, padahal yang kupesan standard aku makan di warung sederhana yang 8000 aja dapat
    jadiiii aku gak mengulangi SS di Jember
    kecuali SS di kota lain, hmm mungkin akan kucoba.
    Mau ngebandingin, harganya sama atau lebih murah

    tapi rame loh di Jember
    heran deh

    ReplyDelete
  5. rinda,
    tulisannya bagus deh, kosakata yang diambil juga apik.
    tapi alangkah baiknya kalau tulisan bahasa asing digaris miring. hehehe.

    terus,
    bahas kontennya nih. hahahaha
    warung ss sih favorit banget asli, kita tuh bisa pesen sambalnya yang banyak sama nasi doang juga udah enak, sampe kadang-kadang lupa kalo pesen lauk juga. haha. iya bener nikkou ramen tuh dulu di monjali, sekarang kayaknya udah nggak ada deh :(
    hiiks. kalo hokben sih paling favorit saladnya, enggak ada tandingan tuh salad.

    ReplyDelete
  6. Kalo akhir bulan suka ke Ampera..lauk apa aja tetap 10 ribu kalau didaerah Aku...

    Rm Padang ada dimana2..

    ReplyDelete
  7. Nikkou Ramennya menggoda. Aku paling gak bisa nolak mie miean

    ReplyDelete
  8. Aku kenal warung SS ini ya setelah tinggal di Yogya, rasa pedas sambalnya mantapz bagi lidah saya sbg orang jawa timur penyuka rasa pedas. Selain itu harganya bikin dompet tidak krisis, hehehe

    ReplyDelete
  9. Wih, enak-enak semua nih kayaknya menu makanan di resto-resto favoritnya. Kalau saya sukanya menu-menu rumahan juga sih meski tiap hari juga menunya itu. Tipe setia saya mah. Hahaha.

    ReplyDelete
  10. duh aku harus share makanan/jajanan favorite ya.. wwkk ,, bnyak sekali gak ckup di kolom komen, nanti malah panjangan komennya dari tulisan.
    Tapi favorite aku banget tuh sapo tahu nya solaria, entahlah knpa, jajan sapo tahu di tenpat lain blm ada yg seenak disana.

    ReplyDelete
  11. Semuanya enak dan favorit aku. Jadi laper euyyyyy

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<