Mewarnai untuk Terapi Jiwa dengan Faber Castell Colour to LIfe



Menjalani kehamilan yang belum direncanakan sudah merupakan tantangan tersendiri buat saya. Terlebih lagi ditambah dengan vonis plasenta previa totalis sejak trimester kedua. Kondisi tubuh yang nggak memungkinkan saya untuk melakukan banyak aktivitas fisik maupun psikis membuat saya seperti terpental dari diri saya yang sebenarnya. Diri saya yang baru adalah saya yang nggak lagi menghadiri rapat disana sini, nggak lagi terlibat event ini-itu, bahkan saya juga jadi jarang pergi ke kantor. Kenyataan terakhir membuat hubungan dengan rekan kerja jadi sedikit renggang gara-gara dari sekian banyaknya pekerjaan saya justru nggak menghandle apapun karena memang saya nggak sanggup tepat deadline, nggak mampu berpikir keras, dan nggak mampu naik tangga untuk sekedar duduk di ruangan dan bertemu dengan rekan kerja yang ternyata nggak bisa kerja remote.


Saya jadi stress. Merasa diri hanya menjadi beban bagi orang lain. Saya sangat butuh healing.

Hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya adalah melakukan aktivitas seni mewarnai. Terdengar seperti aktivitas anak kecil. Dianggap remeh. Namun ternyata mewarnai buku gambar bisa membantu mengatasi jenuh bahkan stress. Saya pernah membaca di situs CNN bahwa jika aktivitas mewarnai dilakukan secara rutin bisa membuat orang menjadi rileks.

Konon mewarnai juga merupakan upaya mengapresiasi diri sendiri. Kok bisa? Saya merasakan sendiri bahwa melalui terapi jiwa yang sifatnya lembut seperti ini saya bisa bersenang-senang sekaligus memberikan kepuasan terhadap karya saya sendiri. Sama halnya dengan menggambar, menulis, atau crafting.

Faber Castell Colour to Life

Beberapa hari setelah melalui proses persalinan operasi c. section saya mendapat seperangkat spidol dan buku mewarnai keluaran terbaru dari Faber Castell. Siapa sih yang nggak kenal Faber Castell, yakan?

Namun spidol yang saya dapatkan kali ini beda. Namanya Faber Castell Colour to Life yang merupakan inovasi terbaru dari Faber Castell. Bukan sekedar mewarnai di atas kertas, produk ini menggabungkan antara memadukan warna dalam sebuah gambar secara konvensional dengan teknologi augmented reality yang membuat aktivitas mewarnai jadi beda dan makin seru.

Untuk diberikan kepada anak-anak, produk Faber Castell Colour to Life ini harus disertai dengan pengawasan orang tua. Pasalnya spesialnya produk ini adalah penggabungan antara mewarnai secara konvensional dan juga penggunaan smart phone.

Teknologi augmented reality besutan Faber Castell ini mampu membuat gambar yang berbentuk tiga dimensi. Selain itu juga dengan Faber Castell Colour to Life ini karakter yang ada bisa menjadi game yang menstimulasi otak dan kreativitas. Cocok banget kan buat anak-anak. Etapi buat orang dewasa juga cocok sih, apalagi yang butuh senang-senang seperti saya. Kalau biasanya gamer cuma jadi objek dari mainan, sekarang gamer bisa berperan sebagai kontributor. Kontribusinya apalagi kalau bukan karakter yang telah diwarnai dari buku menggunakan spidol. Jadi makin kreatif kan pastinya?!


How to buy?

Produk keren dari Faber Castell ini sudah mulai ada di pasaran sejak April 2018 lalu. Kamu bisa mendapatkannya di seluruh Toko Gramedia di kota-kota besar atau lewat official store Faber Castell. Kalau males ribet sih bisa juga beli di Tokopedia. Siapin aja budget Rp. 103.000 – 130.000. cukup terjangkau kan untuk ukuran  ‘mainan’ sekeren ini. 

Di dalam paketnya sudah ada buku mewarnai yang terdiri dari 15 halaman dan 20 connector pen. Selain itu ada lima karakter yang disediakan.

How to play?

Memainkan Colour to Life dari Faber Castell ini sebenarnya gampang banget. Apalagi dibantu dengan panduan yang ada di dalam kotak Faber Castell Colour to Life yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami. Bahkan petunjuknya memberikan ide bagaimana saya harus mewarnai gambar-gambar yang ada. Jadi nggak musti melulu pakai solid colour. Langkah permainannya sebagai berikut:


1.       Warnai dulu gambar yang ada di buku mewarnai. Hanya gambarnya, framenya jangan ikut diwarnai karena frame ini berguna saat scanning untuk menjadi gambar tiga dimensi.
2.      Download aplikasi Colour to Life di Play Store atau App Store.
3.      Scan karakter yang telah diwarnai sehingga menjadi tiga dimensi.
4.      Ambil foto selfie dengan pilihan ‘foto mode’ dan pilih kamera depan.
5.      Jika ingin bermain game, lanjutkan ke mode ‘play game’.



Saya happy banget mainin Faber Castell to Life ini. Saya sebelumnya memang nggak pernah concern dalam hal mewarnai apalagi menggambar. Jadi ngerjain satu halaman aja luama banget. Ya disambil nungguin bocah bayik yang merengek pipis dan minta susu juga sih. LOL. Amazing rasanya ngeliat warna-warna yang saya goreskan meski dibully sama HB tapi ya pede aja. Lanjut terus mewarnai sambil rileksasi merelease tekanan hidup satu persatu. Apalagi setelah melihat hasil tiga dimensinya. Duh, emak-emak katrok. Etapi kenapa itu warnanya jadi nggak mirip dengan harapan saya, ya.

5 Characters


Lima karakter yang ada dalam game juga unik-unik, loh.

           
1.       Giddy Up, ini saya pikir tadinya pengeran berkuda. Keren, sih. Tapi terlalu macho buat saya dan terkesan saya ingin escape banget. Tapi sebenarnya ini melatih konsentrasi dan keterampilan motorik, loh.
2.      Pogo Boy, karakter ini juga bermanfaat dalam melatih konsentrasi dan motorik karena kinestetik dari sang karakter yang berlompat-lompat ini lumayan kuat.
3.      Dress Up Chellenge, karakter ini yang pertama saya pilih untuk saya warnai. Entah kenapa. Mungkin saya melihat sang putri yang berkarakter lembut dan terkesan hidup dengan kenyamanan. Sebenarnya karakter ini melatih keseimbangan antara otak kiri dan kanan.


4.      Balance Your Brain, karakter ini khayal banget sebenarnya karena berupa seorang kucing yang jago melukis. Ini juga melatih keseimbagan otak kiri dan kanan. 
5.      Safe Flight, ini permainan yang melatih konsentrasi dan keterampilan motorik  dengan memastikan pesawat terbang dengan aman.

Benaran deh permainan ini asyik banget, apalagi buat anak-anak, ya. Asal jangan keterusan, yang penting orang tua selalu perhatian dan jangan sampai lepas pengawasan aja. Faber Castell yang eksis sejak 1761 silam ini terus berinovasi dan nggak mau ketinggalan teknologi digital untuk mengambangkan core businessnya di bidang produksi alat menggambar dan mewarnai. 

saya percaya bahwa mewarnai bisa dijadikan salah satu metode terapi jiwa. Jika treatment mewarnai dan happy happy dengan produk Faber Castell Colour to Life ini dilakukan secara rutin dan intensif, saya pun yakin bisa keluar dari cengkeraman tekanan post partum yang mendera bak angin membelah gurun sahara. (((Hapasih)))

 Thanks fot the innovation, Faber Castell!

No comments

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<